ArenaLTE.com – Dengan kemajuan teknologi smartphone, kini membaca ribuan buku bisa dilakukan melalui smartphone dan tablet, bahkan sebuah perpustakaan buku digital bisa hadir di mall dan pusat perbelanjaan. Seperti pada program Samsung Smart Library.

Hal ini dilakukan dalam misi literasi dan mengembalikan minat baca Indonesia. Karena fakta minat baca masyarakat Indonesia yang cukup rendah. Yakni peringkat ke 60 dan 61 negara yang disurvei berdasarkan riset The World’s Most Literate Nations yang dilakukan oleh Central Connecticut State University.

Samsung Electronics Indonesia membuka area baca buku digital Samsung Smart Library di beberapa gerai Samsung Experience Store dan mendonasikan 1000 eksemplar buku digital yang akan diunggah secara bertahap ke dalam aplikasi perpusatakan digital Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, iJakarta.

Samsung Smart Library iJakarta
KangHyun Lee (Vice President – Samsung Electronics Indonesia) dan Tinia Budiati MA (Kepala BPAD Provinsi DKI Jakarta).

Lee Kang Hyun, Vice President Samsung Electronics Indonesia ketika meresmikan Samsung Smart Library Di Mal Kotakasablanka beberapa waktu lalu mengungkapkan bahwa Samsung Smart Library diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyrakat terutama untuk kalangan pelajar. Lokasi yang berada di pusat berbelanjaan menjadi  tempat yang strategis karena disini tempat berkumpulnya anak muda dan keluarga. Hadirnya Samsung Smart Library tentu akan menjadi tempat nyaman untuk membaca dan berdiskusi

Melalui Smart Library ini yang berlokasi di Samsung Experience Store ini, Samsung menyediakan fasilitas membaca secara gratis bagi para pengunjung Mal Kota Kasablanka berupa Galaxy Tab S2 dan Galaxy Tab A. Serta tersedia pula aplikasi iJakarta, perpustakan digital yang dikembangkan oleh Aksaramaya. Ada enam belas unit perangkat yang tersedia di Samsung Smart Library yang dapat digunakan pengunjung secara gratis.

Samsung Smart Library iJakartaSamsung juga telah menyumbangkan 1000 eksemplar buku digital untuk menambah koleksi buku yang dapat diakses pengguna melalui aplikasi iJakarta. Saat ini Samsung Smart Library telah dibuka di dua tempat yaitu di perguruan tinggi ITB Bandung, dan Mall Kota Kasablanka. Samsung juga masih akan menambahkan Smart Library di beberapa lokasi.

Samsung Smart Library sendiri merupakan satu dari beberapa program CSR Samsung untuk masyarakat Indonesia. Beberapa program CSR Samsung lainnya seperti Samsung Care, WASH, Build Homes Build Lives, OVOP dan beberapa program di bidang edukasi.