ArenaLTE.com – International Data Corporation (IDC) mengungkapkan bahwa pasar dapat menyaksikan terjadinya perubahan besar di pasar tablet tahun ini dan penjualan tablet 2016 akan terkena dampak negatif. Dan perangkat 2-in-1 (hybrid) akan mengambil alih popularitas tablet yang pengirimannya mengalami penurunan hingga 5,9% selama tahun 2016 ini menjadi sekitar 195 juta unit.

Sedangkan untuk perangkat hybrid (2-in-1) atau yang juga disebut sebagai detacable device (laptop tablet) popularitasnya terus meningkat dan diharapkan akan terus tumbuh dari 16,6 juta pengiriman di tahun 2015 menjadi 63,8 juta di tahun 2020. Pergeseran dari tablet ke (detachable device) perangkat yang bisa di lepas pasang dengan keyboard ini juga menjadi perubahan lain dari industri tablet dan penjualan tablet 2016.

IDC memprediksi pasar tablet hybrid ini akan meraih pangsa pasar dimana perangkat Android akan menguasai 18.2% market share pada tahun 2016. Sementara iOS akan menguasai 28.5% sedangkan market share tablet Windows diprediksi akan mencapai 53.3% pada tahun 2016.

penjualan tablet 2016

Tablet Kurang Dari 9 Inchi Turun, Lebih dari 9 Inchi Tumbuh

Setidaknya ada dua perubahan penting yaitu penjualan tablet dengan ukuran 9 inchi ke atas akan mengalami pertumbuhan. Sedangkan penjualan tablet dengan ukuran layar 9 inchi ke bawah akan mengalami penurunan. IDC juga mengungkapkan bahwa perangkat tablet berbasis Microsoft akan mengambil share market dari platform lainnya kebanyakan Android.

Ryan Reith, Program Director with IDC’s Worldwide Quarterly Mobile Device Trackers dalam keterangannya mengungkapkan bahwa momentum pergeseran dari bentuk perangkat memberikan dampak yang signifikan bagi tablet windows di pasaran. Windows 10 sepertinya mulai menapaki titik terang untuk bergelut di pasar PC dan tablet dan juga perangkat lain yang berlayar luas. Terlepas dari lisensi gratis yang diberikan untuk perangkat tablet berukuran layar dibawah 9 inchi, penjualan tablet 2016 berbasis windows akan tumbuh pada perangkat dengan ukuran layar 9-13 inchi.

Jean Philippe Bouchard, Research Director, Tablets juga mengatakan hal senada, ditengah semakin meningkatnya permintaan perangkat yang bisa dilepas (detachable device) kita juga akan melihat terjadinya peningkatan persaingan yang signifikan pada kompetisi produk di segmen ini. Hal ini akan berdampak positif di mana para vendor akan berlomba-lomba meningkatkan desain, inovasi dan menurunkan harga.