ArenaLTE.com – Transformasi yang dilakukan Huawei untuk lebih fokus pada  smartphone premium mulai menunjukakan hasil. Menurut Peter Tong, President of Huawei Consumer Business Group Southern Pacific Region, melihat pertumbuhan kinerja kuartal 1 2016 yang signifikan membuktikan bagaimana merek ini telah semakin diterima oleh konsumen.

Huawei semakin optimis untuk menduduki peringkat ketiga sebagai produsen smartphone global dengan target penjualan sebesar 140 juta unit di 2016. Di ajang Huawei Consumer Business Group 2016 Southern Pacific Conference yang digelar di Bali Nusa Dua Convention Center, Peter mengungkapkan perusahaannya berhasil melawan tren melalui pencapaian mereka dalam mendistribusikan 28,3 juta unit produk secara global. Huawei

Terjadi peningkatan pertumbuhan dari tahun ke tahun sebesar 64%, meskipun ditengah-tengah terjadinya penurunan distribusi perangkat mobile secara global dari tahun ke tahun sebesar 3% di kuartal 1 2016. Sementara itu distribusi produk di pasar Southern Pacific juga mengalami peningkatan tahun ke tahun sebesar lebih dari 50% di kuartal 1 2016.

“Huawei telahmerasakan peningkatan kepercayaan dari para mitra yang menawarkan seluruh rangkaian perangkat mobile high-end yang dimiliki, mulai dari ponsel, tablet, dan peranti wearables di lini depan maupun tengah,” ujar Peter. Persepsi terhadap mereka ini telah meningkat secara signifikan sejak diluncurkannya produk smart watches, Nexus 6P, MateBook dan yang baru-baru ini P9 dengan lensa dual camera bekerja sama dengan Leica.

Dijelaskan, selama lebih dari enam bulan terakhir, seluruh jaringan operator ternama di wilayah ini sudah mulai menawarkan perangkat smartphone Huawei menggunakan bundling pasca-bayar yang tersedia di seluruh toko ritel mereka. Selain itu, para retailer ternama juga semakin yakin dengan penawaran yang diberikan. Saat ini mereka telah menawarkan seluruh rangkaian produk Huawei dan berinvestasi di model ASP (Average Sales Price) yang lebih tinggi.

 

Hal ini mengakibatkan kehadiran Huawei di kawasan Pasifik Selatan berkembang menjadi lebih dari 10.000 toko, meningkat 40% dibandingkan dengan tahun 2015, dan peningkatan drastis sebesar 1000% sejak 2014. Rencana yang sedang berjalan saat ini berupa penambahan toko di pasar ini, termasuk lima advanced experience stores dan 87 experience stores.

“Kami akan terus melakukan ekspansi ketersediaan kami secara ritel seiring terus menawarkan pelayanan after-sales kelas dunia untuk meningkatkan pangsa pasar di seluruh wilayah ini hingga 15%,” pungkas Peter Tong.