ArenaLTE.com – Macau, sebuah kota di pesisir selatan Tiongkok yang dikenal degan kawasan perjudian, kini telah mendapat layanan mobile broadband 4G LTE (Long Term Evolution). Jenis deployment LTE yang digunakan adalah 4G+yang menawarkan bandwidth lebih besar dan kecepatan koneksi lebih cepat. Jaringan 4G+ LTE di Macau yang tersedia secara komersial dipersembahkan operator CTM (Companhia de Telecomunicações de Macau) dengan dukungan dari vendor jaringan Huawei.

Macau terkenal dengan sektor usaha hiburan berskala besar dan didukung banyaknya gedung pencakar langit. Dengan kondisi kepadatan penduduk yang tinggi, pola bangunan tinggi, serta coverage indoor terbesar di dunia, Macau memberi tantangan dalam penggelaran jaringan seluler yang kompleks, dan menantang vendor jaringan untuk merancang solusi secara optimal.
Baca: Huawei dan TelkomSigma Kolaborasi Proyek Storage as a Service untuk Sektor Pendidikan

Dikutip dari laman Huawei.com, mereka hanya membutuhkan waktu delapan bulan untuk menyelesaikan migrasi jaringan dan upgrade ke jaringan 4G+ LTE di Macau sesuai jadwal tanpa gangguan terhadap layanan jaringan eksisting.

Declan Leong, VP Network Services of CTM mengatakan dengan dukungan dari solusi handal dan scalable dari Huawei, jaringan berhasil dioptimalkan untuk memastikan migrasi yang mulus bagi pengguna. “Jaringan 4G+ LTE di Macau kami hadir cukup unik, yakni mendukung ponsel 4G dengan dua mode, TDD dan FDD. Seiring dengan peluncuran resmi layanan 4G+, CTM akan terus merangsang popularitas aplikasi dan layanan didukung oleh jaringan LTE, dan lebih meningkatkan pengalaman 4G pada pelanggan kami dengan tujuan meletakkan infrastruktur jaringan digital di Macau,” ujarnya.

Dalam solusi di Macau, Huawei memberikan solusi SingleRAN (Radio Access Network) dan layanan terkait untuk CTM. Dilakukan demi menciptakan integrasi terbaik antar platform jaringan GSM/UMTS/LTE dengan kecepatan data teoritis hingga 112 Mbps. Jaringan 4G_ LTE baru CTM ini terintegrasi tidak hanya akan membuka pintu untuk lebih layanan dan aplikasi untuk warga Macau inovatif, tetapi juga akan memberikan kenyamanan yang lebih besar bagi wisatawan internasional, yang kini dapat lebih mudah tetap berhubungan secara global dari Macau. Bagi Huawei, implementasi 4G di Macau merupakan prestasi tersendiri, mengingat kompleksitas pada lingkungan Macau yang padat.