ArenaLTE.com – Di ajang Cloud Expo Asia 2015 yang diadakan di Suntec Convention Centre, Singapura, pada akhir Oktober 2015 lalu, Huawei mengumumkan produk dan solusi termutakhir miliknya, yaitu flash memory OceanStor. Strategi ini untuk memperluas jangkauan flash memory yang digunakan oleh pusat data. Sehingga membantu pelanggan untuk menghadapi era Big Data. Flash memory merupakan teknologi untuk menyimpan dan mentransfer data dengan tingkat konsumsi daya yang rendah.

Guna mendukung penetrasi strategi ini, Huawei telah menandatangani surat perjanjian kerja sama dengan Micron pada acara Huawei Cloud Congress 2015 di Tiongkok bulan September lalu. Tidak hanya berkomitmen melakukan penelitian lebih lanjut mengenai teknologi flash, Huawei juga menyediakan solusi penyimpanan terbaru berbasis flash dan sistem penyimpanan Big Data. Selain itu, perusahaan asal Tiongkok ini bekerja sama dengan mitra lain untuk menciptakan inovasi terbaru mengenai flash controller, chip media dan sistem penyimpanan untuk perusahaan.

Zheng Yelai, President of Huawei IT Product Line mengatakan dalam sambutannya bahwa di era Big Data, dibutuhkan solusi penyimpanan yang dapat diandalkan, efisien dan berkelanjutan. “Kerjasama dengan Micron di sektor flash memory merupakan salah satu bentuk komitmen jangka panjang kami dalam mengembangkan produk yang bermanfaat bagi industri telekomunikasi sehingga menciptakan ekosistem berkelanjutan. Kami berharap ini dapat menjadi langkah besar bagi industri telekomunikasi menuju era digitalisasi,” ujarnya.

Huawei meneliti dan mengembangkan flash controller dan algoritma utama untuk menghasilkan solusi penyimpanan yang diklaim terlengkap. Ditawarkan dengan harga yang hampir sama dengan disk Serial Attached SCSI (SAS) berkecepatan 15,000 rpm, disk Solid-State Drive (SSD) yang dikembangkan oleh Huawei memberikan manfaat lebih besar. Karena SSD memiliki performa layanan yang lima kali lebih tinggi dan secara efektif mengurangi dampak lingkungan pada disk. Solusi penyimpanan SSD milik Huawei telah ditawarkan kepada para pelanggan sejak September 2015.
Baca: Smartphone 4G LTE Murah Huawei Honor 5X Play Segera Meluncur

Untuk mendukung dan mengembangkan produk penyimpanan miliknya, Huawei memanfaatkan arsitektur software terbaru yang sejalan dengan tren aplikasi data yang terus berkembang. Dengan arsitektur ini, para pelanggan pengguna solusi dari Huawei dapat secara cepat mengikuti tren digital terbaru yang sesuai dengan kebutuhan bisnis sehingga dapat membantu pelanggan untuk memenuhi tujuan bisnis mereka.