ArenaLTE.com –Perusahaan dibidang teknologi asal China, Huawei, mengumumkan bahwa pencapaian dalam divisi Carrier, Enterprise, dan Consumer Business Groups miliknya berhasil mencetak pencapaian perkembangan tahunan (year-on-year growth) dengan baik. Melalui divisi ini, Huawei mengklaim telah mendapay CNY 395 Milyar (setara dengan US$ 60,8 milyar) dengan kenaikan sebesar 37% dibanding tahun lalu. Sementara itu laba bersih yang didapat perusahaan mencapai CNY 36,9 Milyar (setara dengan US4 5,7 Milyar), dengan kenaikan sebesar 33% dibanding tahun sebelumnya.

Tahun 2015 menjadi tahun berprestasi bagi Huawei khususnya dalam bidang Consumer Business Group. Hal ini ditandai dengan meningkatkan brand awarness pada masyarakat global, semakin meluasnya jaringan dan jenis layanan yang ditawarkan, serta terbangunnya ekosistem produk yang baik. Produk-produk yang dikembangkan Huawei sendiri semakin hari semakin dipercaya oleh konsumen yang jumlahnya terus meningkat. Tidak hanya itu, produk-produk ini juga kian disukai di kalangan mitra perusahaan.

Huawei Y3

Masih di tahun yang sama, pendapatan Huawei dalam Consumer BG mencapai CNY 129,128 Juta. Selain itu, perkembangan tahunan perusahaan tercatat mencapai 72,9% dan sebanyak 108 juta smartphone telah dipasarkan diseluruh dunia. Huawei kini memantapkan posisinya di tiga besar produk smartphone dunia.

Di tahun 2015, Huawei melakukan inovasi berfokus pada teknologi yang terinspirasi oleh kebutuhan dan pengalaman para penggunanya. Dengan membangun kerjasama dengan sederet mitra, Huawei bekerja keras untuk mengintegrasikan teknologi dengan budaya, mode, dan seni, untuk menjadi trendsetter yang aktif dalam hal teknologi dan budaya. Sebagai hasilnya, brand awareness, pengaruh perusahaan dalam industri terkait, serta minat para konsumen terhadap produk-produk Huawei turut meningkat.

Peningkatan yang dibicarakan sendiri dapat dilihat melalui data-data berikut:

  • Brand awareness masyarakat global mengalami peningkatan dari 65% menjadi 76% dibanding tahun sebelumnya. Sementara di pasar Cina sendiri, peningkatan mencapai 97%.
  • Net Promoter Score (NPS) yang didapat secara global meningkat mejadi 47.
  • Huawei menjadi satu-satunya perusahaan Cina yang mendapat posisi di Top 100 Best Global Brand dari Interbrand dan Top 100 Global Brand dari BrandZ dengan posisi ke-88 dan ke-70.
  • Huawei berhasil membangun kerja sama dengan Swarovski dan meluncurkan smart watch pertama di dunia yang didesain untuk kaum hawa, yang diakui kecantikan dan keunggulan kualitasnya oleh masyarakat luas.

Huawei memperkenalkan perangkat keras maupun perangkat lunak yang canggih dalam produknya kepada konsumen. Hal ini berdampak pada pertumbuhan bisnis yang pesat ditahun 2015, diantaranya :

  • Angka penjualan smartphone mid-range dan high-end telah menyumbang lebih dari 30% total pengiriman yang dilakukan.
  • Satu juta produk Mate 8 terjual dalam waktu satu bulan sejak peluncurannya.
  • Produk Mate S dan Nexus 6P menjadi produk yang paling banyak terjual dilebih di 60 negara.
  • Lebih dari 5 juta produk P8 dan 7 juta produk Mate 7 telah dikirim Huawei di seluruh dunia.
  • Lebih dari 40 juta smartphone Honor dikirim ke lebih dari 70 negara.

Pada tahun 2016, Huawei akan mengembangkan peluang strategis untuk membentuk kembali landscape industri dan mengembangkan consumer business secara global. Huawei juga terus mengembangkan kerja sama dengan banyak pemain industri papan atas di bidang produk unggulan, smart home, dan layanan cloud. Melalui inovasi teknologi dan kolaborasi yang saling menguntungkan, Huawei hendak menghadirkan perangkat yang lebih inovatif serta layanan yang lebih bai pada konsumen di seluruh dunia.