ArenaLTE.com – Taiwan Semiconductor Manufacturing Company Limited (TSMC), disebutkan akan menjadi mitra eksklusif Apple inc dalam memproduksi prosesor Apple A10. Bocoran informasi tersebut diketahui dari lembaga keuangan dan finansial asal Inggris, HSBC, yang juga menyatakan bahwa chipset terbaru ini akan digunakan sebagai basis dapur pacu pada iPhone 7 series.

TSMC sendiri bukan pemain baru dalam industri chip dan prosesor, selama ini TSMC telah membuat sebagian chip Apple A9 yang digunakan pada iPhone 6 dan iPhone 6s. Sebagaimana diketahui, pada bulan Oktober lalu pernah dilakukan uji benchmark atas kinerja chip Apple A9 buatan Samsung dan TSMC. Dalam pengujian tersebut diketahui bahwa chip A9 dari TSMC memiliki kinerja lebih cepat dan lebih efisien daripada chip A9 Samsung. Pihak Apple juga telah memberikan tanggapan dengan mengatakan bahwa perbedaan keduanya hanya sekitar 2-3 persen dan masih dapat diterima.

Dan jika kabar ini benar, maka HSBC meramalkan bahwa pendapatan perusahaan akan meningkat sekitar 8 persen pada tahun 2016 mendatang. Pasalnya, produksi eksklusif Chip Apple A10 diprediksi akan mencetak penghasilan hingga USD300 juta atau setara IDR4,1 triliun. Sementara jika berlangsung hingga tahun berikutnya, angkanya akan membengkak jadi USD1 miliar atau setara IDR13,8 triliun.

TSMC akan membuat chip yang khusus dipesan oleh Apple agar dapat menyesuaikan bodi iPhone 7 yang diklaim akan sangat tipis, bahkan penggunaan port audio jack 3,5 mm standar sudah dihilangkan. Namun lepasnya Samsung dari kerja sama bersama Apple tidak akan berpengaruh banyak bagi perusahaan manufaktur asal Korsel ini, pasalnya hingga saat ini, Samsung adalah perusahaan perangkat mobile terbesar di dunia.

Untuk diketahui, sebelumnya TSMC adalah perusahaan semikonduktor yang memang sudah dikenal besar di industri manufaktur perangkat elektronik. Sebelum Apple, perusahaan lain yang sudah diajak kerja sama dengannya adalah Qualcomm, NVIDIA, Advanced Micro Device, Mediatek, Marvell, dan Broadcomm sejak lama. Bahkan, pada 2011 perusahaan juga pernah melakukan percobaan memproduksi chipset Apple dari seri A5 dan A6.