ArenaLTE.com – Internet of Things (IoT) digadang-gadang bakal menjadi bisnis yang seksi. Untuk itu perusahaan teknologi mulai berebut untuk mengembangkan berbagai layanan agar bisa menikmati hasilnya begitu IoT masif diaplikasikan. Salah satunya adalah Hitachi yang hari ini mengumumkan pembentukan Hitachi Insight Group.

Bermarkas di Santa Clara, CA, Hitachi Insight Group bekerja sama dengan inovator terkemuka untuk mengembangkan solusi digital IOT yang telah dioptimalkan, termasuk SAP, PTC, AT&T, Eurotech S.p.A., Intel, Microsoft, dan lain-lain. Grup baru tersebut ingin mendorong bisnis Internet of Things (IoT) Hitachi dan strategi Go To Market (GTM) di seluruh dunia.

Perusahaan teknologi asal Jepang ini mengklaim menawarkan portfolio solusi IOT terluas dalam industri. Diungkapkan, Hitachi berhasil memperoleh pendapatan USD 5,4 milyar dari 33 solusi dan layanan IOT yang dihasilkan pada tahun 2015. Hitachi Insight Group yang baru terbentuk ini akan menjadi ‘ujung tombak’ dalam upaya mendapatkan pangsa pasar yang diproyeksikan IDC merupakan peluang sebesar 1,46 milyar USD pada 2020.

Menurut Hitachi, IoT mendorong konvergensi cepat dalam dunia fisik dan digital, menciptakan kesempatan dan juga tantangan yang belum pernah ada sebelumnya untuk bisnis, kota, pemerintah dan industri. Mereka mengklaim sebagai pelopor dalam pembuatan dan penerapan sensor untuk menyediakan intelijen terhubung dan mendukung penggunaan IoT di pasar industri, seperti pemeliharaan prediktif dan pengoptimalan pabrik.

hitachi

Portofolio IoT Hitachi berisikan solusi dan layanan untuk keselamatan publik dan kota cerdas. Juga energi yang dapat diperbarui dan berkelanjutan. Kemudian transportasi cerdas, manufaktur agrikultur, pengolahan air dan pembangunan perkotaan, konstruksi, pertambangan dan lainnya.

Solusi digital ini memberikan kecerdasan yang terhubung dan mendorong wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis yang lebih baik dan hasil dunia yang nyata, seperti peningkatan produktivitas dan keselamatan, proses bisnis efisien, biaya operasi yang lebih rendah, mengurangi jejak karbon, dan peningkatan kualitas hidup.

Untuk meningkatkan portofolio yang ada dan mendukung pengembangan solusi dan layanan baru, perusahaan tersebut telah menciptakan platform inti IOT Hitachi, Lumada,. Arsitektur perangkat lunak Lumada yang terbuka dan dapat diadaptasi ini dirancang untuk mempercepat pengembangan solusi IOT, sambil memberikan dukungan yang fleksibel untuk pengaturan (customization) dan co-creation dengan pelanggan dan mitra Hitachi.

Kevin Eggleston, eksekutif senior Hitachi Insight Group, mengatakan IOT merepresentasikan titik belok kritis, di mana kepentingan bisnis, industri, dan masyarakat sekarang bertemu dan berselaras tidak seperti sebelumnya. “Solusi kami yang dapat direplikasi sudah membantu bisnis, kota, pemerintahan kabupaten, dan perusahaan industri di seluruh dunia. Pembentukan Hitachi Insight Grup sekarang akan memungkinkan kita untuk memajukan visi Hitachi untuk inovasi sosial ke tingkat berikutnya, sambil kami bergerak ke tahap penting berikutnya dari evolusi bisnis IOT kami,” ujarnya.