ArenaLTE.com – Sistem operasi terbaru baru Microsoft Windows 10 yang baru dirilis beberapa bulan lalu, rupanya cukup banyak diminati para pengguna. Hingga akhir 2015 ini, perusahaan mengumumkan bahwa OS baru tersebut telah diadopsi lebih dari 200 juta perangkat di seluruh dunia telah aktif menjalankan sistem tersebut.

Diungkapkan bahwa 200 juta perangkat Windows 10 yang aktif, telah dicapai oleh Microsoft hanya dalam waktu enam bulan setelah peluncuran. Seperti diketahui, Juni adalah waktu peluncuran atau rilis perdana sistem operasi tersebut yang diperkenalkan perusahaan untuk publik.

Adopsi dan antusias pengguna perangkat komputasi dalam catatan perusahaan, adalah pertumbuhan penggunaan OS yang paling cepat dari versi Windows yang telah ada sebelumnya. Lebih dari 40 persen lebih cepat jika diprosentasikan dalam angka sejak black friday, dibanding dari adopsi yang dilakukan pengguna untuk sistem operasi sebelumnya.

Dalam catatan perusahaan sendiri, sejak waktu Black Friday pada AS ritel PC share Windows 10 tercatat telah mengalami pertumbuhan sebanyak 16 poin, atau menjadi 62% dibandingkan dengan empat Minggu sebelumnya. Pada perangkat PC sendiri, pertumbuhan aktivasi Windows 10 naik menjadi 87% lebih tinggi dibanding sebelum liburan yang hanya mencapai 58%.

Dari hasil laporan yang didapat, perusahaan mengklaim bahwa pengaktifan ini adalah pencapaian Microsoft terbaru karena tercatat lebih dari 11 miliar jam telah dihabiskan pengguna dengan Windows 10 di seluruh dunia. Liburan panjang pada Desember dan Natal 2015, dianggap sebagai momen yang paling besar mengangkat preferensi pengguna.

Pada Natal 2015 sendiri, pangsa pasar PC ritel untuk Windows 10 di Amerika Serikat tumbuh 16 poin menjadi 62% dalam waktu empat Minggu. Hal tersebut turut mencatat adanya kenaikan tingkat penjualan di wilayah tersebut yang mencapai 87% dari sebelumnya yang hanya 58%.

Pengguna yang melakukan upgrade sistem operasi dari versi sebelumnya, mengungkapkan alasan bahwa perubahan yang dibawa pada Windows 10 lebih kaya dan beragam. Ada sebanyak 2,5 miliar pertanyaan yang diajukan dari Cortana, sejak peluncuran pertama asisten digital tersebut. Catatan lainnya juga menyebutkan, ada 30% pengguna Windows 10 melakukan pencarian dalam mesin pencari Bing yang dianggap juga lebih tinggi dari sebelumnya.

Mengapa bisa secepat itu? Disinyalir penyebabnya adalah kebijakan Microsoft yang memberikan update gratis bagi pengguna Windows seri sebelumnya. Dengan fitur yang lebih kaya, lebih powerful dan gratis, siapa yang tidak tertarik? (Baca: Microsoft Hadirkan Major Update Windows 10 Secara Gratis)