ArenaLTE.com – Herman Zhou, pengusaha yang sebelumnya dikenal memasarkan ponsel lewat merek Asiafone, kini muncul lagi namun dengan bendera yang berbeda: HiCore. Ditemui saat jumpa pers di S Luwansa Hotel, Jakarta (1/9/2016), ia mengatakan saat ini pihaknya memilih tak lagi meneruskan bisnis untuk Asiafone yang dikenal dengan ponsel low-end. Ia memilih untuk fokus pada strategi penjualan HiCore yang menyasar kelas menengah atas, terlebih merek tersebut baru lahir.

“Kami melihat peluang smartphone masih terbuka lebar. Dengan tampilan desain premium, teknologi mutakhir dan strategi marketing yang tepat, kami yakin HiCore dapat diterima oleh konsumen Indonesia,” kata Herman Zhou.

Untuk memulai debutnya di pasar Tanah Air, Hicore merilis dua smartphone yakni seri Play Z5 dan Lens DC1. Kedua ponsel tersebut dibanderol dengan harga di atas satu jutaan. Namun sayangnya, keduanya masih belum dibekali dengan konektivitas 4G LTE. Herman berdalih saat ini HiCore sedang berusaha untuk memenuhi TKDN dengan membangun pabrik. “Menurut rencana, Oktober nanti kami akan memulai produksi smartphone 4G LTE,” jelasnya.

Peluncuran HiCore Mobile (Foto: Hendra)
Peluncuran HiCore Mobile (Foto: Hendra)

Meski dua produk perdananya tersebut masih 3G dan harganya relatif lebih mahal dibanding produk sekelasnya, pihaknya optimis akan diterima oleh konsumen. Herman mengatakanponsel pintar ini adalah apa yang diinginkan oleh masyarakat Indonesia. “Sebelum meluncurkan produk, kami melakukan riset pasar sehingga dapat menentukan spesifikasi dan teknologi yang cocok,” jelas Herman.

Herman bahkan optimis dengan menargetkan penjualan masing-masing smartphone tersebut sebanyak 30.000 per unit untuk setiap bulan hingga akhir tahun. Pria yang selalu tampil serius dan irit bicara ini menambahkan, kedua produk ini bakal merefleksikan kebutuhan masyarakat dalam menggunakan smartphone. Mulai dari pekerjaan, interaksi sosial, ekspresi diri dengan hiburan, baik musik dan video.

Nah, seperti apa kedua produk yang diluncurkan tersebut? Yuk kita ulas satu per satu.

HiCore Play Z5

HiCore Play Z5 merupakan versi termahal dari dua seri yang dirilis. Walau masih 3G, teknologi dan dan fiturnya tergolong mumpuni. Urusan performa, HiCore Play Z5 dilengkapi dengan prossecor 1.3 Ghz 32 bit Quad-Core, kemudian ROM sebesar 16 GB, dan memori RAM 2GB. Sementara itu baterai Li-Po disuplai dengan kapasitas 2500 mAh dan dual SIM.

Memiliki bentang layar 5 inchi, ponsel ini menggunakan teknologi layar Corning Gorilla Glass 3. Sehingga tahan terhadap benturan, goresan dan gesekan agar permukaan layar tetap mulus. Selain itu, layarnya memakai teknologi 2.5D Curved Edge dengan In Molding Label Coating sehingga terlihat sedikit menonjol ke depan.

Untuk konektivitas, Sebagaimana  telah disebut di atas, Play Z5 ini belum mendukung 4G LTE. Frekuensi yang didukung adalah 850/900/1800/1900 / 2100 MHz GSM – WCDMA. Jadi jangan berharap banyak bisa mendapatkan akses internet berkecepatan tinggi ketika sedang mobile.

Bagi yang gemar memotret, terdapat kamera utama 8MP dan kamera depan 5MP disertai LED flash di kedua kamera. Tak ada fitur spesial di kamera ini, hasilnya pun biasa saja.

Ponsel ini memakai sistem operasi Android 5.1 Lollipop OS dengan antarmuka yang telah dikustomisasi. Fturnya adalah Mira Vision yang dapat memberikan kebebasan untuk melakukan pengaturan tampilan, baik warna maupun pencahayaan sesuai dengan kenyamanan mata pengguna.

Dilengkapi teknologi Fingerprint Scanner untuk sistem keamanan. Fingerprint ini juga berfungsi sebagai shortcut aplikasi dan trigger kamera.

Fitur lainnya yang diunggulkan adalah Mobile Anti Theft yang melindungi data personal apabila perangkat hilang, melalui kontak darurat. Mulai dari mengunci sampai menghapus data yang ada di smartphone tersebut. Sekali lagi, inipun bukan fitur yang spesial karena tersedia banyak aplikasi dengan fungsi seperti ini di Play Store. Bagi yang berminat, HiCore Play Z5 dibanderol dengan harga ID 2,299 juta.hicore-3

HiCore Lens DC1

HiCore Lens DC1 menawarkan spesifikasi dan harga yang lebih rendah dibanding Play Z5. Dapur pacunya diperkuat dengan prosesor MediaTek Quadcore 1.3 GHz serta dibekali RAM 1GB dan memori internal 16 GB.

Sementara itu layarnya IPS berukuran 4.5 inci resolusi qHD(960 x 540 pixel) yang juga dilapisi dengan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 3. Untuk mengabadikan momen, dilengkapi dengan kamera depan dan belakang beresolusi 5MP yang telah disematkan fitur Gesture Shot dan Smile Shot. Selain itu, juga dilengkapi dengan Record Screen. Seperti halnya Play Z5, Hicore Lens DC1 juga telah ditanamkan fitur Mira Vision. Hadir dengan dua pilihan warna putih dan emas, smartphone ini akan dilepas ke pasaran dengan harga Rp1.649.000.