ArenaLTE.com – Jika ditanyakan aplikasi smartphone apa yang labil? Jawabannya bakal mengarah ke Here Maps. Pasalnya, aplikasi peta dan navigasi ini sudah berkali-kali berganti nama. Awalnya Nokia mengembangkan aplikasi peta bernama Nokia Maps, kemudian diganti menjadi Ovi Maps, berganti lagi menjadi Here Maps, dan sekarang diumumkan menggunakan nama baru Here WeGo.

Nokia karena mengalami kesulitan keuangan dan tidak mendapatkan pendapatan yang memadai dari bisnis aplikasi peta, tepat setahun yang lalu menjualnya pada perusahaan otomotif Jerman yaitu AUDI AG, BMW Group dan Daimler AG senilai $2,8 miliar.here-wego

Alasan perubahan nama ini cukup masuk akal. Menurut pemikiran mereka, nama ‘HERE Maps’ terlalu generik. Terlalu mirip dengan sekelompok aplikasi lainnya yang lebih rendah. Mereka juga mengungkap bahwa sangat sedikit pengguna biasa yang membuka aplikasi sekadar untuk melihat peta. Pengguna mengaksesnya hanya jika ingin mendapatkan suatu tempat dan menemukan cara tercepat untuk menuju ke lokasi.

Perubahan nama ini dimaksudkan untuk membantu pengguna lebih memahami apa fungsi utama aplikasi berbasis lokasi ini. Patrick Weissert, Direktur Consumer of Experience HERE, menjelaskan perubahan penekanan dalam aplikasi. “Kami berada di tengah perubahan besar-besaran -revolusi mobilitas- dan aplikasi baru mencerminkan ini. Kami berubah lagi. Mobilitas perkotaan menjadi layanan on-demand. Tren yang terus meningkat di daerah metropolitan, orang tidak perlu memiliki sebuah mobil lagi. Sebaliknya, berubah ke arah yang bergerak cepat, lanskap muncul dari layanan berbagi mobil, berbagai sepeda, car pooling, bahkan sekarang ada yang menawarkan layanan berbagi pesawat!,” ujar Patrick.

Bukan hanya sekedar nama saja, tampilan dan beberapa fitur yang ada di dalamnya pun diinformasikan banyak perombakan. Meski tak secara besar perombakan pada tampilan diubah perusahaan, namun tampilan aplikasi berbeda dari sebelumnya. Saat mengawali aplikasi, pengguna akan menemukan sebuah kata sambutan ‘where’ dalam kotak instruksi pencarian. Halaman yang berbeda dari sebelumnya yang biasanya menampilkan tombol ‘find rute’.

Sejumlah fitur terbaru lainnya juga bisa dinikmati pengguna untuk lebih memudahkan perjalanan. Here WeGo kini akan memberikan pilihan jenis transportasi yang lebih banyak untuk digunakan dalam menempuh perjalanan pengguna. Tambahan yang lebih dikenal dengan public transit, seperti kendaran sepeda,  jalur pejalan kaki, mobil car2go yang diposisikan terdekat dalam peta.

here wego_

Selain itu, fitur informasi dengan perkiraan biaya untuk menggunakan mobil sewaan atau public transit, serta seberapa nesar konsumsi bahan bakar yang akan dipakai akan disajikan langsung dari aplikasi. Bahkan ke depannya, car2go akan dipisahkan menjadi item tersendiri namun tetap menjadi bagian dari fitur yang ada dalam Here Wego.

Selain itu, Here Wego turut menyajikan informasi taksi untuk dalam rute perjalanan di kota-kota tertentu, termasuk ongkos perkiraan, waktu perkiraan, dan tombol panggilan. Namun, belum dijelaskan perihal kendaraan atau perusahaan taksi yang akan mengisi informasi dalam menu ini, fitur ini dikabarkan baru akan dihadirkan beberapa bulan mendatang.

Fitur lain yang juga diperbaiki perusahaan adalah perihal sepeda. Rute dengan perjalanan sepeda akan selalu diperbaiki dengan elevasi, berupa sudut kemiringan dari perjalanan yang ditempuh. Pada tampilan visual, opsi ini juga dihadirkan dengan warna latar yang lebih cerah dan warna yang ringan sehingga lebih nyaman untuk dibaca.