ArenaLTE.com ­ – Perkembangan ekosistem teknologi jaringan generasi keempat 4G LTE, kian diperkuat oleh para pelaku industri telekomunikasi. Salah satunya adalah Micromax dan Mediatek yang tengah serius berkonsentrasi penuh bekerja sama untuk menghasilkan perangkat pendukung jaringan. Kedua perusahaan diumumkan akan melakukan penurunan harga ponsel 4G LTE.

Micromax salah satu produsen ponsel asal India dan pabrikan chipset asal China, Mediatek tengah berkolaborasi untuk menentukan penurunan harga ponsel 4G LTE yang tepat. Hal tersebut diungkapkan untuk menyebar perluasan penyerapan layanan LTE, di negara India. Pasalnya, komersialisasi jaringan di negara tersebut telah diresmikan.

Produsen ponsel asal India ini, diungkapkan akan menggunakan produk prosesor terbaru Mediatek dari keluarga seri Helio X10 pada produk smartphone besutannya nanti. Generasi ponsel pintar tersebut, diklaim hadir sebagai ponsel kelas premium yang sudah mengadopsi teknologi jaringan generasi keempat. Bahkan, teknologi lain yang diungkapkannya telah dikustom dan dibangun untuk para pecinta musik mobile.

“India adalah titik puncak dari revolusi digital, dan kami telah menempatkan dalam upaya bersama untuk membawa smartphone LTE terbaik di kelasnya. Teknologi yang mampu mengambil akses internet yang lebih cepat  yang belum pernah terjadi sebelumnya,” jelas Vineet Taneja, CEO Micromax, seperti dilansir dari laman situs Mobile Worldlive¸ Jumat(4/9/2015).

Dirinya meyakinkan akan mampu memimpin percepatan adopsi 4G di negara ini dengan mengkonversi semua model smartphone 4G dari seri canvas.”Canvas seri 4G ponsel pintar pertama dalam serangkaian peluncuran tersebut,” tambah Vineet.

Senada dengan yang diucapkan oleh bos Micromax, pihak Mediatek melalui badan riset and Development India mengungkapkan telah menemukan bahwa pengguna ponsel saat ini tidak hanya berfokus pada merek dan harga. Pertimbangan utama bagi konsumen membeli smartphone lainnya adalah kecepatan prosesor dan fitur baterai untuk multimedia.

“India adalah medan pertempuran berikutnya untuk smartphone LTE dan kunci untuk misi Mediatek untuk miliaran perangkat secara global,” jelas Finbarr Moynihan, General Manager Mediatek of Sales.

Sebuah catatan dari strategy analytic, diprediksi bahwa India akan mengambil alih posisi Jepang pada 2017 untuk menjadi 3 besar di pasar LTE dunia. Negara ini juga diungkapkan memiliki jalur yang mampu melampaui Amerika Serikat pada tahun yang sama sebagai smartphone terbesar kedua dunia.