ArenaLTE.com – Belum reda isu kehadiran stiker bernuansa LGBT (lesbian, gay, biseks, dan transgender), dalam aplikasi pesan Line maupun WhatsApp. Situs jejaring sosial Facebook pun ternyata menghadirkan stiker dengan konten serupa. Jika perusahaan tidak menarik stiker digital, Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) akan membawa ke tim panel yang kemungkinan akan ada penutupan akses ke situs.

Dalam konfirmasinya melalui pesan singkat, Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Kemkominfo, di Jakarta, menerangkan bahwa akan memberikan himbauan kepada semua pelaku atau perusahaan OTT (over-the top). Semua perusahaan akan diminta untuk menghormati dan mengikuti aturan dan norma yang diberlakukan Pemerintah Indonesia.

“Kalau terkait stiker LGBT di Facebook dan OTT lainnya, tahap ini kita minta agar segera mengikuti langkah yang telah dilakukan oleh Line dengan memfilter agar hal tersebut tidak dapat diakses di Indonesia. Apabila tidak dilakukan akan kita bawa ke panel pengelolaan konten. Ini berlaku utk semua OTT yg memuat konten serupa,” jelas Ismail Cawidu.

Meski tak menerangkan akan adanya kemungkinan penutupan akses ke situs jejaring sosial, Facebook. Namun, dari pernyataan yang dijelaskan pihak Kementerian menjadi imbauan keras dan pernyataan tegas agar setiap pelaku OTT bisa lebih menghormati aturan dan norma yang ditetapkan.

“Facebook juga wajib menghormati norma-norma agama budaya dan adat di Indonesia, terkait hal-hal seperti itu dengan memfilter atau memfilter stiker LGBTseperti yang dilakukan oleh LINE. Kominfo akan mengundang para perwakilan OTT yg beroperasi di Indonesia utk membahas masalah tersebut dalam waktu dekat,” jelas Ismal sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan bahwa saat ini telah menghubungai pihak Facebook yang berada di Australia, maupun perwakilannya yang ada di Indonesia. Saat ini, Kementerian diungkapkan akan melakukan pertemuan dengan semua pihak OTT maupun perwakilannya, yang tidak menutup kemungkinan juga akan membawa pola bisnis dan aturan main di Tanah Air.

Sebagai informasi, Facebook telah menambahkan karakter orang dengan perilaku LGBT yang ada dalam nama stiker ‘Pride’. Stiker tersebut dapat digunakan layaknya emoji untuk mewakili percakapan kepada seseorang, bahkan mungkin dimanfaatkan untuk mewakili pesan obrolan melalui emoji.