ArenaLTE.com – Keberhasilan Xiaomi dalam menggebrak pasar smartphone, memang bisa dibilang telah berhasil. Namun, keberhasilan tersebut tidak membuat produsen asal negeri Tirai Bambu ini hanya fokus pada produk smartphone tersebut. Mencoba keberuntungan di industri lainnya, produsen kini telah ramai dibicarakan akan ikut bermain dalam produk drone robotika melalui produk bernama Mi Drone.

Informasi kehadiran Mi Drone sendiri sebenarnya sudah cukup ramai dibicarakan, bahkan tak sedikit yang penasaran akan produk ini. Selain bentuk yang akan dihadirkannya, harga pun kerap menjadi pertanyaan yang sering dicari para pemburu atau penghobi perangkat ini. Drone yang dikabarkan hadir dalam dua varian ini telah didukung teknologi baru dan kamera kemampuan 4K, serta harga yang lebih murah dibanding produk sekelasnya.

Mi Drone sendiri sebenarnya memiliki bentuk yang tidak jauh berbeda dengan Drone lainnya, dilengkapi dengan empat copter atau baling-baling untuk membawanya terbang setinggi. Didalamnya juga dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 5.100, kapasitas yang diklaim cukup untuk membawanya melayang dan melakukan perekaman di udara selama 27 menit.

Disisi lain, Mi Drone juga dilengkapi dengan fitur GPS dan Glonass untuk mengetahui penentuan posisi perangkat, serta mempemiliki visual positioning system di bagian bawa untuk membuatnya tetap stabil saat terbang pada ketinggian yang rendah. Teknologi baru yang ditawarkan di dalamnya juga cukup komplek, seperti navigasi waypoint, back to home secara otomatis.

Selain itu, Mi Drone juga disebutkan memiliki kemampuan untuk membuat geofence dan membatasi gerakan terbang pesawat. Xiaomi juga mengklaim bahwa kehadiran helcicopter remote ini, hadir dengan desain modular terbaru dan mudah diperbaiki. Sehingga, memudahkan pengguna untuk mengganti model kamera, serta sekedar melakukan pengontrolan pada rotor yang ada di pesawat.

Untuk harganya sendiri, Mi Drone dengan dukungan kamera 4K hadir dengan banderol harga jual sekira USD490 atau sekira IDR6 jutaan. Sedangkan untuk varian dukungan kamera Full HD 1080p, kabarnya akan dijual dengan harga sekira USD380 atau sekira IDR5 jutaan. Harga yang terbilang murah dipasaran drone, karena biasanya produk sejenis dibanderol sekira diatas USD1.000