ArenaLTE.com – Meski namanya kurang moncer dalam bisnis keuangan, namun Google nyatanya tetap fokus dalam pengembangan Google Wallet. Bahkan kabar terakhir menyebut raksasa mesin pencari tersebut akan diperluas kemampuannya untuk memudahkan penggunaan, dengan memungkinkan orang untuk mengirimkan uang kepada siapa saja, syaratnya orang yang dituju cukup memiliki nomor ponsel.

Dengan begitu, Google berarti akan menghapus batasan yang dulu dibuat, sebelumnya pengiriman uang via Google Wallet mengharuskan penerima memiliki alamat email (Google Mail). Dengan aplikasi Google Wallet yang telah diperbarui, pengguna dapat mengirim orang uang hanya menggunakan nomor ponsel mereka. Cara kerjanya penerima akan mendapatkan pesan teks dengan instruksi, yang pada dasarnya melibatkan pengguna untuk memasukkan rekening kartu debit mereka.

Dikutip dari Ubergizmo.com (10/12/2015), Google menjanjikan proses hanya butuh waktu  beberapa menit, jumlah yang dikirimkan akan tersedia di rekening bank mereka, yang ditandai dengan undangan untuk bergabung dengan Google Wallet. Sayangnya, meski pembaharuan sudah tersedia untuk Android dan iOS, ketersediaannya tentu masih terbatas pada pasar tertentu. Saat ini, aplikasi itu baru bisa diunduh di Amerika Serikat.
google-wallet-sms-800x420

Fitur baru ini tampaknya akan mendahului rencana Apple, yang dikatakan juga berencana meluncurkan sistem transfer uang P2P dengan memanfaatkan platform iMessage. Di tahun lalu, Google telah merilis kemampuan pengiriman uang di Google Wallet lewat Gmail. Untuk dapat melakukan ini, pengguna diharuskan memiliki akun pada layanan Google Wallet, sebagai salah satu layanan payment yang diberikan oleh Google. Saldo Google Wallet dapat diisi secara manual dengan mengambil dari kartu debit atau kartu kredit yang dimiliki oleh pengguna.

Pengirimkan uang dilakukan dengan langkah yang sangat sederhana semudah mengirimkan file attachment pada e-mail, bedanya jika pada attachment yang dikirimkan adalah file maka dengan layanan baru ini yang dikirimkan adalah nominal uang. Pihak Google menjamin bahwa layanan ini sangat aman digunakan, sehingga tidak akan ada proses pembayaran yang dapat dilakukan tanpa sepengetahuan pemilik akun tersebut. Sayangnya kirim uang Google Wallet dengan Gmail hanya tersedia di wilayah Inggris, dengan batasan usia pengguna minimal 18 tahun.

Foto ilustrasi: businessinsider.com