ArenaLTE.com – Awal bulan ini, Google meluncurkan Android Pay dan menjadikan aplikasi Google Wallet sebelumnya sebagi layanan pembayaran peer-to-peer. Aplikasi yang muncul di perangkat Android bersamaan dengan peluncurannya pada 10 September lalu ini telah tersedia di perangkat iOS.

Aplikasi Google Wallet for iOS ini dibuat kembali dengan menjadikan peer-to-peer sebagai fokus utamanya. Google Wallet for iOS disebut memasuki ranah kompetisi yang ketat, akibat kemunculan bebarapa layanan pembayaran baru seperti PayPal.me, Square Cash, Facebook, dan bahkan Snapchat.

Fitur Google Wallet for iOS

Salah satu fitur unggulan Google Wallet for iOS adalah aplikasi ini memungkinkan pengguna mengirimkan uang kepada siapa pun di wilayah Amerika Serikat, melalui alamat email. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan uang kepada rekan atau keluarga yang tidak menggunakan layanan Google Wallet.

Pengguna dapat memesan Google Wallet Card melalui aplikasi. Google Wallet juga memungkinkan pengguna mengeluarkan uang yang tersimpan di akun secara fisik di toko, atau mengambilnya melalui ATM. Alternatif lain untuk menguangkan uang yang tersimpan dalam akun melalui kartu debit atau akun bank adalah dengan menghubungkan akun bank ke akun Google Wallet.

Peluncuran Android Pay mungkin akan sedikit membingungkan bagi mereka yang sudah mendownload aplikasi Google Wallet, namun dengan hadirnya sistem pembayaran baru ini, maka bagi pengguna Google Wallet yang mengupdate aplikasi mereka maka otomatis akan diganti dengan aplikasi Android Pay. Dan setelah diganti dengan Android Pay, maka mereka tidak akan bisa lagi membuat pembayaran secara peer-to-peer.

Dijelaskan Google melalui blog resminya, jika ingin mengirim uang ke rekan mereka, pengguna harus mendownload aplikasi Google Wallet yang baru yang hanya akan mengeksekusi pembayaran peer-to-peer tersebut. Sistem pembayaran Android Pay memang baru bisa dirasakan mereka yang memiliki piranti Android yang sudah dibenami dengan fitur NFC dan dijalankan dengan OS Android 4.4 KitKat atau di atasnya, yang tentunya adalah Android Lollipop dan yang akan hadir sebentar lagi, Marshmallow.

Dengan diluncurkannya Android Pay, ternyata sistem ini juga sudah mendukung layanan pembayaran lain seperti Visa, MasterCard, American Express dan Discover. Selain itu Android Pay juga akan bekerjasama dengan sejumlah besar Bank terkemuka seperti American Express, Bank of America, Discover, Navy Federal Credit Union, PNC, Regions Bank, USAA, dan U.S. Bank. Ini artinya, Android Pay siap bertarung dengan Apple Pay di bisnis pembayaran.