ArenaLTE.com – Anda ingin menerjemahkan sesuatu di ponsel? Jika itu adalah frase atau kata, semua yang Anda harus lakukan cukup copy dan paste kalimat atau paragraph yang dimaksud ke dalam aplikasi Google Translate. Namun baru-baru ini Google telah membuat hal tersebut tambah lebih mudah, yakni dengan memungkinkan pengembang untuk menyertakan fitur terjemahan dalam aplikasi mereka, sehingga memungkinkan Anda untuk menerjemahkan kalimat tanpa harus beralih aplikasi.

Tentu ini adalah gagasan bagus dan fitur yang mudah dicerna, meskipun fitur ini akan sangat tergantung pada pengembang yang akan mengadopsi itu dan mengimplementasikannya ke dalam aplikasi mereka. Menurut VP Google for Product Management Caesar Sengupta dalam sebuah acara di India menyebutkan bahwa fitur terjemahan lintas aplikasi ini akan segera hadir.

Seperti dapat dilihat pada gambar diatas, apa ini berarti bahwa pengguna dapat menerjemahkan dalam aplikasi melalui jendela mengambang setiap kata atau frase yang mereka inginkan, semua tanpa harus beralih aplikasi. “sebagian besar pengguna aktif Google Translate di India menerjemahkan antara bahasa Hindi dan Inggris beberapa kali sehari, menghabiskan banyak waktu menyalin pesan dari teman atau kolega, menerjemahkannya, menulis tanggapan, menerjemahkan tanggapan mereka, dan kemudian menyisipkan mereka kembali ke sebuah aplikasi , ujar Caesar, seperti dikutip dari Ubergizmo.com (16/12/2015).

Tetapi semua berpulang, ekstensi fitur dan layanan ini akan sangat bergantung pada kebijakan para pengembang aplikasi. Fitur terbaru Google Translate ini diberi nama Tap to Translate, dan akan diluncurkan untuk mendukung perangkat Android pada kuartal pertama tahun 2016. So, tidak lama lagi aplikasi Google Translate akan tambah moncer.

Terobosan lain Google dalam Google Translate yakni dengan menyematkan teknologi augmented reality pada fitur terjemahan visual, pengguna bisa melihat seketika hasil terjemahan yang menggantikan kata aslinya menggunakan kamera ponselnya. Augmented reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan atau tiga dimensi ke sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.