ArenaLTE.com – Google kembali memperkuat sisi imaging, kali ini yang disasar adalah aplikasi Google Photos yang mendapat tambahan fitur Shared Album. Sesuai dengan namanya, fitur tersebut memungkinkan Anda untuk membuat album foto yang dapat dibagikan kepada orang lain.

Fitur shared albums yang mirip dengan aplikasi Moments di Facebook ini, sebelumnya sudah diperkenalkan pada bulan September 2015 lalu. Namun kini resmi diluncurkan bagi para pengguna. Untuk menggunakannya, cukup memilih beberapa buah foto atau album, kemudian memilih ‘shared album”.

Pengguna dapat membagikan tautan foto kepada siapapun yang ada di dalam daftar kontak. Dengan fitur ini, siapapun yang menerima tautan juga dapat menambahkan foto mereka sendiri ke dalam album atau mengunduh foto yang sudah dibagikan.

Fitur ini cukup mudah untuk digunakan. Pengguna hanya perlu memilih foto yang diinginkan, membuat shared album, dan kemudian mengirimkan tautan kepada orang yang ingin berbagi album. Fitur ini bekerja pada beragam perangkat seperti smartphone, tablet, atau komputer.

Meskipun fitur sebelumnya memiliki shared oleh fitur link, tetapi tidak memungkinkan untuk kolaborasi. Dengan update terbaru yang dilakukan Google ini, orang yang menerima link shared bisa juga menambahkan foto mereka sendiri hingga album atau download foto yang dibagi bersama mereka.

Hebatnya, fitur baru Google Photos ini tidak memberikan pembatasan ukuran layaknya layanan yang ada di aplikasi sejenis. Hal tersebut disebabkan karena Google memiliki storage unlimited, tidak seperti kebanyakan aplikasi berbasis cloud lainnya.

“Orang yang menerima shared album dapat bergabung untuk menambahkan foto dan video miliknya, sekaligus mendapatkan notifikasi saat foto baru telah ditambahkan. Anda bahkan dapat menyimpan foto dan video dari album yang dibagikan ke Google Photos, jadi Anda dapat memilikinya meski Anda bukan yang memegang kamera” ujar Google di postingan blognya.

Google Photos juga menyediakan platform berkapasitas besar. Tersedia penyimpanan cloud yang tidak terbatas bagi pengguna. Pengguna tidak perlu takut dengan batasan ukuran foto saat hendak melakukan pengiriman foto, terutama saat ingin menggunakan fitur Google Photos shared albums ini. Untuk lebih jelasnya tentang fitur baru ini, silahkan simak video dibawah ini.