ArenaLTE.com – Hingga saat ini, masih ada sekiranya 60 persen dari wilayah dunia belum terpapar koneksi internet. Bahkan dengan ketersediaan akses online internet sekalipun, jika kita menggunakan Google Maps masih ada beberapa wilayah bumi yang masih dalam kondisi black spot (gelap). Hal ini menuNjukkan bahwa kemudahan mengakses informasi dengan cepat masih menjadi kendala bagi sebagian besar populasi dunia.

Google melihat ini sebagai sebuah masalah besar terutama ketika saat ini banyak orang cenderung ingin menjelajah dunia sekitarnya. Raksasa mesin pencari inipun mengambil langkah-langkah untuk mengatasi kendala ini. Agar pengguna dengan mudah menemukan berbagai lokasi yang diinginkan dan menentukan arah tujuan ke berbagai lokasi di seluruh dunia, bahkan ketika tidak memiliki koneksi internet melalui Google Maps.

Sekarang kita dapat mengunduh berbagai wilayah dunia yang ada di Google Maps kedalam smartphone kita. Dan ketika dalam situasi tidak sedang memiliki koneksi internet sekalipun, kita bisa menemukan lokasi yang diinginkan dan menentukan arah dengan lancar seperti ketika sedang online internet.
Baca juga: Perkuat Pasar Smartphone, Google Rancang Prosesor Khusus

Ilustrasi Google Maps offline

Cara Menggunakan Google Maps Offline

Sebagai informasi, sebelumnya kita memang sudah bisa mendownload area peta secara offline dengan Google Maps, namun area yang tercakup untuk offline maps sangat terbatas. Pembaharuan ini memungkinkan kita untuk melakukan navigasi arah, mencari lokasi dan menavigasi perjalanan menuju lokasi tersebut termasuk mencari informasi yang berguna seperti tempat transportasi umum, kontak dan berbagai fitur menarik lainnya secara offline.

Kita dapat melakukan download suatu daerah dengan melakukan pencarian sebuah kota, kabupaten atau negara, lalu kemudian cukup menekan tombol “Download” pada tampilan hasil pencarian. Atau masuk ke menu “Offline Areas” pada Google Maps kemudian tekan tombol “+”. Setelah diunduh, Google Maps akan pindah ke mode offline dan akan mendeteksi lokasi kita apakah sedang berada di area tanpa internet atau memang tidak memiliki layanan akses internet sama sekali.

Dan ketika koneksi internet bisa diakses oleh smartphone kita, maka secara otomatis aplikasi navigasi ini akan berubah menjadi online. Sehingga kita dapat dengan mudah mengakses versi lengkap dari Google Maps. Tentu dilengkapi dengan update terkini kondisi lalu-lintas untuk situasi navigasi perjalanan.

Yang harus kita perhatikan yaitu ukuran file peta yang akan di-download ini berukuran besar dan dapat menghabiskan kuota internet. Untuk mengatasinya, pengaturan Google Maps akan secara default melakukan proses download ketika berada dalam koneksi WiFi.

Seperti yang dilansir oleh blog resmi Google, layanan Google Maps Offline ini sudah diuji coba sejak bulan Mei 2015, dan mulai 10 November ini sudah mulai di uji coba pembaharuan ini melalui update versi terbaru dari Google Maps untuk pengguna smartphone Android (segera hadir untuk iOS). Kedepannya Google juga akan banyak menghadirkan berbagai fitur lain secara offline (tanpa koneksi internet) guna memudahkan pengguna Google Maps menemukan jalan meskipun tanpa koneksi internet.

Kredit foto: www.au.fcm.travel