ArenaLTE.com – Kian hari, Google serasa semakin mengerti kebutuhan banyak pengguna internet mobile. Setelah sebelumnya menghadirkan fitur ‘save video offline’ di YouTube, kini Google juga melakukan rekayasa pada aplikasi Google Maps. Bukan sekadar menjagokan fitur offline mode, tapi yang terbaru ada pilihan setting untuk akses WiFi only.

Beberapa perangkat Android yang beruntung dapat menikmati pengaturan WiFi only yang dapat digunakan untuk penggunaan secara offline. Untuk mengecek apakah perangkat Android telah memiliki fitur ini atau belum, pengguna dapat membuka pengaturan Google Maps dan mencari tombol baru pada baris kedua dengan judul WiFi only.

Google-Maps-WiFi-onlyDengan menekan judul atau tombol, Google Maps akan mematikan peta dari data seluler secara efektif. Selain itu, sentuhan pada diskripsi akan membuat perangkat membuka layar pengaturan untuk area-area offline.

Untuk penggunaan mode WiFi only pertama kali, Google Maps akan memunculkan pengingat bahwa aplikasi tersebut masih menggunakan sejumlah data kecil selama operasi. Selain itu, akan muncul bar kecil sebagai indikator status untuk mode  WiFi only.

Fitur lainnya, pengguna dapat menyimpan rute lokasi offline ke kartu memori microSD. Jadi, peta lokasi ini tidak akan memakan banyak memori pada smartphone. Menariknya lagi, Google menambahkan fitur baru bagi pengguna Android di tiga kota di Indonesia, yakni komparasi harga layanan GoJek, Grab, dan Uber saat pengguna mencari lokasi tempat. Nantinya, fitur ini akan tersedia di 24 kota di Indonesia

Pada pembaruan fitur Google Maps kali ini, Google juga memberikan fitur pemberitahuan penundaan angkutan masal. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh para pengguna yang sedang bepergian dengan menggunakan bus maupun kereta api untuk mengetahui penundaan angkutan masal. Akan tetapi fitur ini belum dapat bekerja sepenuhnya. Nah, untuk bisa menggunakan fitur terbaru Google Maps ini ada syaratnya, yakni Anda harus menginstall Google Maps dengan versi minimal v9.32.