ArenaLTE.com – Tren pembayaran belanja melalui perangkat digital, bisa dibilang bukan lagi hal baru karena telah banyak produk tersebut dimunculkan. Namun apakah Anda pernah mendengar pembayaran baru dari Google Hands Free?

Setelah menghadirkan sistem pembayaran digital Android Pay dalam perangkat platform si robot hijau, rupanya Google bernafsu untuk menghadirkan sistem yang lebih mudah. Perusahaan internet asal Amerika ini, kembali melakukan percobaan dengan sistem pembayaran Google Hands Free dimana seseorang tak perlu lagi memegang gadget untuk melakukan transaksinya.

Google kini tengah melakukan ujicoba layanan baru ini di South Bay, San Francisco. Pengguna bisa mencoba di beberapa restoran lokal seperti McDonald, Papa John, dan lainnya.

Google Hands Free menjanjikan sebuah kemudahan kepada pelanggan dalam urusan pembayaran di kasir. Pengguna cukup mengatakan kata kunci ‘saya ingin melakukan pembayaran menggunakan Google’, maka alat yang diletakkan pada kasir akan mengidentifikasi untuk memproses transaksi.

google-handsfree

“Bayangkan saat Anda terburu-buru dalam pembelian Drive-thru, sehingga sulit untuk mengambil dompet, atau meraba saku sekedar untuk membayar hot dog di stadion baseball. Dan sulit untuk mengambil koin atau kartu kredit Anda saat berada di depan kasir,” tulis Pali Bhat, Senior Director, Product Management Google dalam pernyataannya di blog resmi Google.

Dalam keterangannya Pali Bhat mengatakan mereka terdorong untuk membangun aplikasi Google Hands Free yang sekarang dalam tahap awal pengujian. Karena Ini memungkinkan pelanggan membayar di toko-toko dengan cepat, mudah, dan benar-benar melakukan dengan tangan yang bebas (hands free).

Cara kerja sistem Hands Free ini sebenarnya cukup sederhana, karena pengguna bisa melakukan beberapa langkah saja. Pertama memasang aplikasi yang bisa dipasangkan dengan platform mobile yang digunakan, seperti untuk iOS atau Android. Kemudian lakukan sistem verifikasi dengan memilih metode pembayaran (debit dan kredit bisa dilakukan), isi identitas diri dengan menyertakan foto profil.

Aplikasi yang sudah terpasang ini, bisa melakukan tugasnya jika pengguna sudah mengaktifkan koneksi bluetooth dan WiFi terlebih dahulu. Saat pengguna sudah dekat atau tepat berada di depan kasir, maka aplikasi akan secara otomatis berkomunikasi dengan sistem yang ada di kasir. Kemudian pengguna bisa melakukan mengatakan kata kunci ‘saya ingin melakukan pembayaran menggunakan Google’, maka transaksi akan segera berjalan menyelesaikan pembayaran.

“Proses ini menggunakan kamera di dalam toko untuk secara otomatis mengkonfirmasi identitas Anda berdasarkan gambar profil yang telah dipasang, dan sistem akan mengenal langsung untuk pembeli ebih cepat check-out,” tambah Google dalam postingannya.

Belum dijelaskan lebih detail kapan sistem pembayaran ini akan segera dirilis, namun banyak diinformasikan bahwa sistem ini harus bisa dikonfirmasikan oleh otoritas jasa keuangan (OJK) setiap negara. Jika kemungkinan telah memenuhi syarat dan ketentuan, sepertinya sistem pembayaran Googgle Hands Free bisa sangat membantu pembeli yang tangannya repot dengan banyak barang.