ArenaLTE.com – Google berupaya mengembangkan layanan akses broadband internet berkecepatan gigabit bernama Google Fiber dengan basis kabel serat optik yang saat ini telah merambah kebanyak negara. Dengan modal bandwidth yang lebar, secara bertahap layanan tersebut kini mulai digeber.

Seperti dikutip dari Ubergizmo.com, Google dikabarkan tengah mempersiapkan layanan baru yang disebut Google Fiber Phone. Meski belum ada keterangan resmi terkait detailnya seperti apa, disebut-sebut layanan baru ini mirip Google Voice. Sehingga memungkinkan pengguna memanggil dan terkoneksi dengan beberapa nomer telepon sekaligus, baik fixed line dan ponsel. Tak hanya itu, Google Fiber Phone juga akan terkoneksi dengan beragam layanan dalam ekosistem Google, termasuk voicemail dan panggilan otomatis yang kabarnya juga akan disertakan.

The Washington Post juga telah melaporkan bahwa pihaknya telah diundang oleh Google untuk mencoba program tester dari Google Fiber Phone. Sembari menunggu konfirmasi dari pihak Google, beberapa pengamat membaca langkah Google sebagai bagian dari strategi untuk menawarkan model paket layanan triple play yang mencakup TV, akses internet, dan telepon.

Uji coba Google Fiber ini sudah sejak dua tahun yang lalu di Kansas City. Saat ini Google sudah memperluas area coverage nya ke Austin dan dalam waktu dekat ini akan mencakup Atlanta, Charlotte, Nashville, Phoenix, Portland, Raleigh-Durham, San Antonio, Salt Lake City, dan San Jose. Lalu bagaimana dengan Indonesia? Kita tunggu saja kehadirannya. Google mengklaim layanan Internet mereka ini dapat menyajikan kecepatan upload dan download mencapai 1Gb per detik, yang artinya lebih cepat 100 kali lipat dari kecepatan rata-rata Internet di Amerika Serikat saat ini.