ArenaLTE.comGoogle secara resmi mengumumkan layanan untuk bisnis mereka kini berubah nama menjadi Google Cloud. Dengan perubahan ini, Google Cloud menjadi sebuah solusi lengkap layanan bisnis yang terdiri dari berbagai Google  Apps For Work termasuk didalamnya layanan Gmail, Calendar, Docs, Drive, Hangout dan berbagai aplikasi populer Google lainnya yang cocok untuk pebisnis.

Masih ingat dengan layanan google untuk pelaku bisnis yang bernama “Google Apps for work”? yaitu sebuah platform buatan Google yang memungkinkan tim kerja bisa berkolaborasi dan bekerjasama dalam sebuah platform meskipun berada di lokasi yang berbeda-beda. Google juga mengganti nama layanan Google Apps for work ini menjadi “G Suite”.

Selain mengganti namanya, Google juga melengkapinya dengan beberapa fitur terbaru seperti “Quick Access” yang merupakan akses khusus untuk Google Drive Android menggunakan machine learning yang mampu memprediksi file apa saja yang akan dibutuhkan berdasarkan kebiasaan kita ketika kita mulai mejalankan aplikasi ini.google-cloud-platform

Fitur kalender juga akan secara otomatis memilihkan waktu yang tepat untuk melakukan meeting sesuai dengan kebiasaan penggunanya menggunakan machine intelligence. Aplikasi Sheet (seperti Microsoft Excel) juga dilengkapi dengan teknologi AI (Artificial Inteligent) yang secara otomatis akan medeteksi dan merubah fungsi “formula” didalamnya, aplikasi Slides explorasinya juga menggunakan machine learning yang akan menyarankan ide desain menarik yang bisa kita gunakan.

Fitur Docs juga semakin cerdas dan mampu melakukan back up data otomatis dari gambar yang kita gunakan dengan kemudahan integrasi dengan akun Google Drive milik kita. Semua fungsi ini juga bisa diakses melalui smartphone sehingga memudahkan para pelaku bisnis untuk tetap bekerja secara mobile.

Dalam keterangan resminya Google menerangkan jika produk Google Cloud adalah untuk pelanggan dari berbagai kalangan, mulai dari wiraswasta dan startups hingga perusahaan besar di seluruh dunia, termasuk Google sendiri. Google Cloud ini bukan hanya sekedar produk, namun membentuk sebuah kolaborasi dan kerjasama perusahaan yang efisien dan efektif.

Layanan google Cloud ini juga cocok bagi perusahaan yang ingin bertransformasi menjadi perusahaan digital. Karena transformasi digital dan pindah ke cloud adalah proses teknis, Google menyiapkan para ahli dibidang pelanggan dan produk yag siap membantu proses migrasi perusahaan.