ArenaLTE.com – Sebagai pelopor perangkat virtual reality berbiaya murah, Google terus memperluas layanan Cardboard. Google Cardboard saat ini sudah mendukung layanan dalam 39 bahasa, serta terdistribusi di lebih dari 100 negara untuk platform Android dan iOS. Bagi mereka yang tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pengembangan aksesoris ini, dapat melihatDokumentasi Google Cardboard Developer yang akan tersedia dalam 10 bahasa. Ini merupakan tools yang berguna bagi para developer di seluruh dunia untuk bisa mengembangkan beragam tujuan dalam VR (Virtual Reality).

Brandon Wuest, Google Software Engineer di blog resmi Google mengungkapkan, “Dengan lebih dari 15 juta aplikasi yang terinstal pada Cardboard lewat jalur Google Play, maka kami sangat bergembira untuk membawa VR ke lebih banyak orang di seluruh dunia.”

Perangkat Google Cardboard
Perangkat Google Cardboard (Foto: Google)

Tak hanya itu saja, Google juga telah memperbarui Cardboard software development kit untuk Android Unity, yakni dengan menawarkan sepasang perubahan campuran yang diminta, mencakup koreksi dan kinerja Unity. Pembaruan ini khususnya akan melihat pada perbaikan besar dari algoritma sensor fusion yang mengintegrasikan sinyal dari gyroscope dan akselerometer, dan sebagai perbaikan secara substansial akan mengurangi penyimpangan, terutama pada ponsel dengan dukungan sensor kualitas lebih rendah. Kedengarannya seperti ada banyak kemajuan yang telah dibuat, dan pihak Google lebih bersemangat untuk melihat apa yang pengembang dapat lakukan dari software development kit yang baru dirilis.
BacaTandingi Google Cardboard, Microsoft Siap Hadirkan VR Kit

Bagi Anda pemilik Google Cardboard dapat langsung mengunduh aplikasi Cardboard secara gratis di Play Store untuk Android atau App Store untuk iPhone. Google Cardboard juga menampilkan fitur-fitur Google lainnya, seperti Google Earth, Photo Sphere, MyVideos, menonton video YouTube 360 derajat, expediutions, dan lain sebagainya.

Google Cardboard didesain sebagai headset virtual reality yang ringkas dan murah. Sesuai dengan namanya, Google Cardboard dibuat dari bahan kardus yang harus disusun terlebih dahulu apabila ingin digunakan. Google Cardboard merupakan jawaban dari Google terhadap Samsung Galaxy VR yang dibuat secara khusus untuk smartphone buatan Samsung. Google Cardboard pertama kali diluncurkan dalam ajang Google I/O tahun 2014 lalu.