ArenaLTE.com – Cara paling ampuh dalam mempromosikan suatu produk adalah dengan mengaitkannya dengan nilai-nilai kemanusiaan. Meski pun hal tersebut bisa saja secara kebetulan, namun kaitan antara gadget dengan kebutuhan realitas dari pengguna kerap menciptakan nada yang positif bagi kepentingan promosi. Termasuk salah satunya adalah Google Cardboard yang diklaim mampu selamatkan nyawa bayi.

Anda mungkin sebelumnya pernah mendengar bahwa Google Glass telah membantu banyak orang untuk berbagai kegiatan, mulai dari digunakan oleh para pekerja di bandara, polisi, dan dokter. Selain Google Glass, ternyata Google Cardboard juga baru-baru ini digunakan oleh seorang dokter dalam tindakan medisnya.

Mengutip dari Ubergizmo.com (29/12/2015), ada seorang bayi berusia 4 bulan yang memiliki organ hati berukuran kecil dan paru-paru kirinya tidak ada. Agar bayi mungil ini bisa bertahan, pihak dokter ingin melakukan operasi pembedahan yang dilakukan di rumah sakit anak Nicklaus Florida.

Dr Juan Carlos-Muniz, kepala departemen MRI Nicklaus, memutuskan untuk membuat scan 2D hati bayi tersebut menjadi gambar stereoscopic. Kemudian, gambar tersebut dipindah ke iPhone dan menaruh ponsel ke Google Cardboard, sehingga teman ahli bedahnya, yaitu Dr. Redmond Burke, bisa melihat dengan jelas apa yang terjadi di dalam organ hati bayi bernama Teegan Lexcen ini.

Google Cardboard ini bisa membuat dokter melihat lebih jelas mengenai kondisi jantung bayi tersebut untuk mencari tahu di mana Dia harus melakukan sayatan pertama yang berada di tengah-tengah dada.

Operasi ini memakan waktu 7 jam dengan hasil yang sukses. Bayi kecil Teegan ini sekarang memiliki harapan hidup yang lebih baik. Seperti diketahui, Google Cardboard merupakan sebuah alat dengan bentuknya mirip  kaca mata yang terbuat dari kardus sebagai wahana virtual reality (VR) atau realitas maya. Anda hanya perlu meletakkan smartphone di dalam kardus ini, kemudian bisa melihat dan berinteraksi dengan apapun yang ditampilkan oleh layar smartphone seperti nyata.