ArenaLTE.com – Gempa bumi berkekuatan 8,3 Skala Richter (SR) mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Gempa tersebut terjadi pada pukul 19.49 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) menginformasikan, lokasi gempa Mentawai yang terjadi pada hari Rabu (2/3/2016) adalah 5.16 LS, 94.05 BT.

Untuk layanan seluler di wilayah yang terkena dampak bencana tersebut, pihak perusahaan mengklaim bahwa semua layanan XL tidak mengalami gangguan apapun. Dan pelanggan tetap bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk berkomunikasi.

Gempa Mentawai yang terjadi pada pukul 19.49 WIB itu berpusat di perairan sejauh 682 kilometer sebelah barat daya Kepulauan Mentawai dengan kedalaman 10 kilometer. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa itu berpotensi menimbulkan tsunami yang bisa memapar Provinsi Sumatera Barat, Sumatera Utara, Aceh, Bengkulu, dan Lampung. Namun tidak ada korban jiwa, kerusakan bangunan dan tsunami tidak terlihat di pantai.

gempa mentawai

Baca juga: Serunya Menikmati Gerhana Matahari Total di Belitung, Makin Eksis Pakai 4G LTE

Di seluruh wilayah Sumatra Barat saat ini terdapat sekitar 400 BTS, yang melayani sekitar 600 ribu pelanggan. Di Padang saja, XL memiliki 105 BTS dengan pelanggan sekitar 390 ribu. Vice President West Region XL, Francky Rinaldo Pakpahan mengatakan, “Sejauh ini pengecekan yang telah kami lakukan tidak ada yang menunjukkan gangguan sama sekali atas dampak gempa pada jaringan dan infrastruktur XL di semua bagian di sepanjang Pesisir Barat Sumatera. Bahkan di Pesisir Sumatera Barat yang terasa guncangan paling keras juga tidak ada gangguan”.

Secara keseluruhan, jaringan PT XL Axiata Tbk (XL) tetap normal pasca gempa yang melanda Kepulauan Mentawai dan sejumlah daerah di Sumatera Barat. Dengan demikian, semua layanan XL tidak mengalami gangguan apapun, dan pelanggan tetap bisa memanfaatkannya secara maksimal untuk berkomunikasi.

Selain mencermati kondisi jaringan, XL juga memantau kondisi masyarakat pasca gempa Mentawai. Hal ini untuk menyiagakan bantuan jika sewaktu-waktu gempa terjadi lagi dan berdampak sosial kepada masyarakat. Francky menegaskan, “Petugas XL akan terus bersiaga dan memastikan kondisi jaringan sebab biasanya gempa besar akan terus disusul dengan gempa susulan yang lebih kecil,” pungkasnya.