ArenaLTE.com – Banyak pengguna Apple yang melakukan update iOS 9 harus rela kehilangan beberapa games kesayangannya, games gratis mungkin tidak terlalu masalah. Bagaimana jika games tersebut hasil membeli ratusan ribu rupiah?

Hampir setiap tahun, Apple selalu mengupdate sistem operasi mereka untuk iPhone dan iPad. Akibatnya efek update iOs ini berdampak terhadap kompatibilitas dari beberapa games yang ada di App Store. Dan hampir setiap tahun pula para developer games harus merelakan game buatannya hilang dan mati. Dan kejadian ini bahkan semakin parah ketika Apple mengupdate sistem operasi terbaru mereka iOS 9.

Dengan update iOS 9 terbaru, tidak hanya membuat beberapa game sebelumnya tidak kompatibel, Apple juga menghilangkan fitur re-instal game tersebut. Berikut ini beberapa games yang tidak bisa lagi dimainkan di iOS 9 diantaranya yaitu BioShock, Ghost Trick, Sam & Max, Poker Night, Back to the Future, Jurassic Park, Puzzle Agent, Strong Bad, Hector dan Tales of Monkey Island.

Beruntungnya, beberapa game akan direlease kembali oleh developernya dengan versi terbaru yang kompatibel dengan iOS 9 seperti Capcom, 2K Games, Telltale. Seperti game BioShock dan games buatan Telltale lainnya sebenarnya masih bisa beroperasi lancar dengan OS versi iOS (8.4), meskipun dengan update terbaru ditambahkan berbagai fitur terbaru seperti security updates dan perbaikan kinerja game agak disayangkan jika hadirnya fitur harus mengorbankan game tersebut tidak bisa dimainkan lagi.

Baca Juga : Kritik dan keluhan pengguna iOS 9

Update ios 9Namun tidak semua games beruntung, bagi pengguna game Monster Hunter Freedom Unite yang sudah membelinya dengan harga sekitar $14.99 di App Store, kini harus menunggu kabar lebih lanjut agar bisa dimainkan dengan OS iOS9. Dan bahkan developernya CapCom, tidak punya rencana untuk merilis versi game yang kompatibel dengan iOS 9. Dan bukan hanya game Monster Hunter Freedom Unite saja yang mengalami kegagalan dengan update iOS9, masih banyak game lain yang mengalami hal serupa.

Makin banyak game yang nasibnya begini, makin banyak banjir komplain para gamer iOS. Dilema memang, satu sisi para gamer berharap dapat terus memainkan games kesayangannya. Namun disisi lain kita tidak tahu berapa keuntungan yang diperoleh oleh developer dari game tersebut, jika masih merugi sudah sepantasnya developer game tidak lagi melanjutkan pengembangan game tersebut lebih baik move on mengurus game lainnya.

Baca juga : 12 games gratis iOS terbaru 2015

Hal rumit lainnya dari games yang erorr akibat update iOS9 ini yaitu jika developer games menarik games nya untuk diupdate dari App store agar kompatibel dengan iOS9 atau tidak melanjutkanya lagi maka software atau games tersebut akan terhapus dari purchase history kita, alias hangus dan harus membeli ulang.

Hal ini terjadi ketika EA (Electronics Art) menarik 10 games mereka dari App Store September lalu. Sementara itu, salah satu developer games Luca Redwood yang membuat games You Must Build A Boat memiliki solusi dengan meluncurkan versi encrypted copy dari games tersebut. Dan menunjuk Touch Aracade untuk mengembalikan game pengguna yang sudah dihapus.