ArenaLTE.com – Tiga perusahaan telekomunikasi dan jaringan, Huawei Indonesia, Telkomsel, dan Small Cell Aliance, mengumumkan kerja samanya untuk membangun pusat penelitian di Tanah Air. Dengan tempat yang bernama pusat inovasi bersama (Joint innovation center/ JIC), diharapkan bisa difungsikan sebagai penelitian teknologi dan pengembangan aplikasi smart university berbasis jaringan mobile broadband (MBB).

Pusat penelitian yang dibangun di wilayah kampus di Universitas Indonesia (UI) ini, diungkapkan akan menjadi pusat inovasi bersama yang juga merupakan program lanjutan dari Southern Pacific Small Cell Summit. Acara yang juga diungkapkan telah berlangsung pada September 2015, demikian seperti keterangan resmi perusahaan, di Jakarta, Kamis (24/12/2015).

Baca artikel lengkap : Sambangi Indonesia, ini spesifikasi lengkap Huawei Mate S

Huawei dan Telkomsel berkolaborasi untuk memberikan fasilitas untuk Pusat Inovasi Bersama berupa teknologi, solusi, dan jaringan yang akan diimplementasikan di tempat ini. Melalui kerjasama ini, Huawei akan menyediakan peralatan untuk mendukung pelatihan teknologi terbaru dan perkembangan inovasi bisnis yang terdapat di Platform Inovasi Terbuka (Open Innovation Platform).

Pihak Huawei akan memberikan berbagai contoh program inovatif lain yang dapat dijadikan referensi, seperti Rich Communication Service dan Value Growth Service. Di sisi lain, Telkomsel akan menyediakan jaringan MBB untuk mendukung koneksi yang dibutuhkan di Pusat Inovasi Bersama. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para peserta dapat melakukan program Inovasi Layanan Digital (Digital Service Innovation), seperti aplikasi universitas pintar (smart university), pusat perbelanjaan pintar (smart shopping mall), kantor pintar (smart office), bandara pintar (smart airport).

“Sektor pendidikan di Indonesia membutuhkan jaringan telekomunikasi yang lebih baik. Kami berharap Pusat Inovasi Bersama dapat melahirkan generasi muda Indonesia yang lebih berkualitas dan terkoneksi dengan baik,” ujar Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA, Dekan Fakultas Teknik, Universitas Indonesia.

Sejalan dengan yang disampaikan Dekan UI, Sheng Kai, CEO Huawei Indonesi, mengungkapkan,“Huawei konsisten dan terus melakukan upaya untuk membangun Indonesia yang terkoneksi lebih baik, khususnya dalam mengembangkan sektor TIK di Indonesia. Kami berharap Pusat Inovasi Bersama ini dapat menghasilkan berbagai aplikasi berguna dan dapat menjadi contoh smart university bagi kampus lain di Indonesia,” jelasnya.