ArenaLTE.com – Meski bolak balik bikin geger di sejumlah negara, toh tak menyurutkan bagi Uber untuk terus maju dengan sejumlah inovasi. Perusahaan ride sharing yang berbasis di San Francisco, AS ini menemukan cara yang unik untuk merekrut developer atau teknisi baru. Mereka ditantang untuk bermain dalam sebuah game bernama Code on the Road.

Joshua Debner, insinyur Microsoft yang berkedudukan di Seattle adalah orang yang pertama melaporkan mendapat undangan rekrutmen dari Uber itu. Sejauh ini, permainan  telah digunakan di Austin, Boston, Denver dan Portland, Oregon.

Perwakilan Uber mengatakan,”kami selalu mencari cara baru untuk menjangkau calon potensial yang ingin bergabung dengan tim kami dan membantu kami memecahkan masalah yang menarik. Jika Anda berada di tempat di mana banyak orang bekerja di teknologi, Anda mungkin melihat tantangan Code on the Road dalam aplikasi pengendara. Pilihan untuk bermain memberikan pengendara kesempatan untuk menunjukkan kepada kita keterampilan mereka dalam cara yang menyenangkan dan berbeda”.

Bagaimana cara bermainnya? Pada dasarnya, penumpang yang terletak di sebuah kota akan ditawarkan kesempatan untuk memulai pada trio tantangan coding, di mana masing-masing dari mereka akan datang dengan batas waktu satu menit. Jika kata penumpang skornya cukup baik, maka mereka dapat direkrut Uber melalui aplikasi, sebelum mengirim link lamaran kerja melalui email.

Pihak Uber mengakui jika proses rekrutmen via games Code on The Road itu merupakan cara yang digunakannya untuk menemukan dan memikat para insinyur baru bergabung bersama mereka. Menariknya, tak semua orang dapat menerima notifikasi tersebut.

Pasalnya, hanya orang-orang terpilih yang ada di wilayah padat perusahaan teknologi saja yang akan menerima notifikasi. Uber bahkan mengungkapkan jika orang-orang yang mendapat notifikasi tersebut dipilih bukan berdasar informasi pribadi, melainkan wilayah atau lokasi ia beraktivitas di mana wilayah itu merupakan lokasi padat pekerja teknologi.

“Kami selalu mencari cara baru untuk menjangkau calon potensial yang ingin bergabung dengan tim kami. Jika anda berada di tempat atau wilayah di mana banyak orang yang bekerja di bidang teknologi, maka Anda akan menerima notifikasi dari kami. Saat Anda memutuskan untuk memainkan Code on The Road, maka saat itulah Anda menerima konsekuensi apakah Anda ingin bergabung dengan Uber atau tidak,” ujar perwakilan Uber.