Fujitsu Ujicobakan Education Support System di Indonesia

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com -  Fujitsu Limited dan PT Fujitsu Indonesia mengumumkan digelarnya ujicoba penerapan education support system di SMA Negeri 74 Jakarta dengan memanfaatkan tablet. Ujicoba dilangsungkan mulai 7 November hingga 23 Desember 2016.

“Program ini selaras dengan visi Fujitsu yang senantiasa ingin mewujudkan Human-Centric Intelligent Society di mana inovasi bisnis dan sosial dapat berhasil terwujud berkat pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang cerdas, bijak dan tepat,” tutur Achmad S Sofwan, President Director, Fujitsu Indonesia.

Dalam pelaksanaan ujicoba ini Fujitsu Tablet Arrows Tab Q704/H akan digunakan sebagai peranti pendukung di kelas bagi pengajar maupun siswa, berikut Fujitsu Education Solution K-12 Learning Information Utilization System V1 Chietama. Solusi Chietama ini akan memudahkan pengajar dalam menyiapkan bahan ajar dengan memanfaatkan sumber daya TIK dan seluruh informasi akan otomatis tersimpan dalam bentuk stored lesson records dan student learning records yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang peningkatan kemampuan akademik siswa.

Dengan Fujitsu education support system ini juga memungkinkan siswa untuk mengumpulkan tugas-tugas dan hasil karya mereka melalui layar tablet, sehingga mendukung tingkat keaktifan dan partisipasi siswa dalam setiap mata pelajaran dan membantu mereka untuk aktif dalam kerja tim.

Dari rangkaian program ujicoba yang dilaksanakan di lini pendidikan di Indonesia tersebut, Fujitsu kemudian akan melakukan validasi pada tingkat efektivitas dari solusi pendidikan ini di mana sistem ini sendiri telah berhasil diterapkan di Jepang dan Thailand dengan hasil memuaskan.

Inisiatif education support system ini diprakarsai oleh Fujitsu Indonesia bekerja sama dengan Global Peace Foundation (GPF) Indonesia, sebuah lembaga swadaya masyarakat yang fokus dalam mendukung peningkatan kapabilitas siswa di Indonesia.

Sejak tahun 2014, Fujitsu telah merilis Chietama solution ini di Jepang, dan pada 2015 mereka mulai menerapkannya di Thailand. Melalui proses ujicoba Chietama di Indonesia, diharapkan efektivitas pendidikan melalui pendayagunaan ICT akan meningkat, sebagai perwujudan kontribusi dan andil nyata Fujitsu dalam turut meningkatkan kemampuan akademik siswa di Indonesia yang jumlahnya kini mencapai 50 juta jiwa, dari sekolah dasar hingga ke sekolah menengah atas, bersama dengan sekitar 3 juta guru yang tersedia saat ini.

Leave a Comment