ArenaLTE.com – Fortumo, international mobile payment provider dari Estonia, belum lama ini dipercaya oleh operator Indosat Ooredoo untuk menggarap sistem direct carrier billing. Lewat kemitraan ini maka akan membukan kesempatan 70 juta pelanggan Indosat Ooredoo untuk melakukan pembayaran online dengan mengisi rekening mobile tanpa perlu menggunakan kartu kredit.

Dikutip dari Telecomasia.net, platform direct carrier billing besutan Fortumo ini sudah digunakan oleh beberapa toko aplikasi terkemuka. Seperti Google Play dan Windows Phone Store. Lalu sudah digunakan juga oleh perusahaan digital media seperti Sony, HOOQ dan Gaana. Platform ini pun sudah digunakan para perusahaan game seperti EA Mobile, Gameloft, Kinguin dan Rovio). Fortumo pun sudah kerjasama dengan 350 operator seluler di seluruh dunia.

Dengan menggunakan platform Fortumo, dapat memberikan tambahan pendapatan bagi operator seluler dari semua segmen industri digital secara langsung. Itu sebabnya, Kami sangat antusias untuk bermitra dengan Indosat Ooredoo dan berharap ada pertumbuhan pendapatan dari operator karena metode pembayaran ini

“Kami sangat senang untuk membangun kerjasama ini strategis dengan Fortumo. Kerjasama ini memberikan banyak manfaat bagi  pelanggan Indosat Ooredoo dan memungkinkan transaksi di jaringan yang lebih luas lagi,” ujar Prashant Gokarn, Chief New Business & Innovation Officer Indosat Ooredoo menjelaskan. Gokarn pun menambahkan bahwa langkah ini menjadi inovasi dari Indosat Ooredo yang bertujuan untuk menjadi telco digital terkemuka.

Baik Indosat Ooredoo dan Fortumo sama-sama memberikan gambaran, bahwa ada lebih dari 65 juta pemilik smartphone di Indonesia, tapi kurang dari 5 juta orang yang memiliki akses ke kartu kredit. Faktanya saat ini mayoritas penduduk yang hidup di era digital tidak dapat melakukan pembayaran secara online. Akibatnya, pedagang banyak kehilangan pendapatan dari mayoritas penduduk. Hadirnya operator yang berperan sebagai ‘penagih’ disini akan menyelesaikan masalah dengan memungkinkan setiap pemilik smartphone (baik prabayar dan pasca bayar) untuk melakukan pembayaran melalui Fortumo.