ArenaLTE.com – Ketika vendor raksasa seperti Samsung mulai mengembangkan seri smartphone kelas C untuk mengguyur pasar smartphone, sepertinya Sony memilih jalur yang berbeda. Tersebar berita dari berbagai media teknologi di Asia yang menerangkan bahwa Sony tidak hanya menghentikan produksi seri Xperia Z saja bahkan kehadiran seri Xperia C dan Xperia M juga dibatalkan. Hal ini menunjukkan bahwa Sony kedepannya hanya akan fokus mengembangkan satu brand saja yaitu Xperia X saja.

Sony Xperia XDari slide presentasi yang dipaparkan oleh Sony pada acara Sony Mobile show, kehadiran Sony Xperia X masuk dalam rencana perusahaan pada “Chapter 3” yang akan dimulai sejak tahun 2016 hingga tahun 2018 kedepan.

Sedangkan Road map perjalanan Sony sendiri dimulai dari Chapter 1 sejak tahun 2010 – 2012 yang fokus pada pengembangan “Sistem operasi terbuka untuk layanan komunikasi”. Dimana Sony mulai mengembangkan smartphone Android andalan mereka yaitu seri Sony Xperia X10

Sony Xperia XFase berikutnya yaitu, Chapter 2 yang dimulai sejak tahun 2013 hingga 2015. Dimana Chapter 2 ini Sony fokus pada komponen, fitur dan fasilitas yang mereka sebut sebagai “best of Sony: termasuk didalamnya kamera dan teknologi entertainment yang menjadi andalan Sony selama ini melalui seri Xperia Z.

Dan kini memasuki Chapter 3 “Xperia sebagai cara baru berkomunikasi” mengedepankan seri Xperia X sebagai identitas produk terbaru Sony kedepannya. Logo X milik sony ini akan jadi bahan promosi Sony hingga dua tahun kedepan baik di media cetak, online dan Televisi.

Sony juga menekankan bahwa kedepannya tidak hanya fokus pada smartphone saja namun juga akan mengembangkan berbagai inisiatif produk terbaru dengan mengembangkan teknologi Internet Of Things (IoT) dan teknologi Cloud.

Sony Xperia XAwal tahun 2016 ini, Sony sudah memperkenalkan seri Sony Xpreia X mereka di janag MWC 2016 dengan memperkenalkan seri Xperia X, Xperia XA dan Xperia X Performance. Dalam benak kita muncul pertanyaan kapan seri Xperia Z6 akan keluar, namun terjawab sudah Sony tidak akan melanjutkan program Xperia Z.

Sony memang sedang berjuang untuk bisa mendapatkan keuntungan dari divisi mobile mereka, karena terus menderita kerugian bahkan sempat beredar rumour dan prediksi dari para analis bahwa Sony akan meninggalkan pasa smartphone. Namun terjawab sudah bahwa Sony akan terus menghadapi tantangan kedepan dengan Chapter terbaru dari Sony X ini. Akankah Sony berhasil hanya dengan satu seri produk saja?