ArenaLTE.com – Setiap hari orang melakukan share lebih dari 2 miliar foto melalui Facebook, Instagram Messenger dan WhatsApp. Tak bisa dipungkiri, sebuah konten visual mampu memberikan keceriaan dan cara yang ekspresif bagi pengguna untuk berkomunikasi secara online. Namun disisi lain, mengkonsumsi dan membuat konten visual dapat menjadi tantangan tersendiri bagi pengguna dengan gangguan penglihatan atau tunanetra melihat Facebook.

Seperti yang dilansir oleh situs resmi Facebook, dengan lebih dari 39 juta orang tunanetra dan lebih dari 246 juta yang mengalami kerusakan penglihatan, ada banyak orang yang akan terasing dari percakapan seputar foto dan konten visual di Facebook. Facebook terus mengembangkan teknologi yang bisa membantu komunitas tunanetra untuk turut mendapatkan pengalaman yang dirasakan pengguna lainnya di Facebook.

Nah kini, Tim Facebook Accessibility secara resmi kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) untuk Membantu Pengguna Tunanetra “Melihat” Facebook dengan Teks Alternatif Otomatis (Automatic Alt Text), sebuah perkembangan baru yang bisa mendeskripsikan foto dengan menggunakan teknologi terkini dalam pengenalan objek.

Teks alternatif otomatis (Automatic Alt Text) ini merupakan sebuah perkembangan baru yang bisa mendeskripsikan sebuah foto dengan menggunakan teknologi terkini dalam pengenalan obyek. Pengguna yang menggunakan layar pembaca (screen readers) di perangkat iOS akan bisa mendengar audio yang menyebutkan daftar benda‐benda yang menjadi bagian dari sebuah foto saat mereka melihat foto lama di Facebook.tunanetra melihat facebookSebelumnya, orang yang menggunakan layar pembaca (screen readers) biasanya hanya akan mendengar nama dari orang yang men‐share foto tersebut, diikuti dengan dengan kata “foto” jika postingan tersebut muncul dalam bentuk gambar di News Feed Facebook. Kini, dengan teknologi ini menawarkan deskripsi yang lebih lengkap dari apa yang terlihat di foto berkat fitur teknologi Automatic Alt Text. Contohnya, kini seseorang dapat mendengar panduan suara yang mendeskripsikan sebagai berikut, “Gambar terdiri dari tiga orang, sedang tersenyum, outdoor.”

Fitur ini memungkinkan berkat adanya teknologi Facebook’s object recognition yang menggunakan basis dasar dari sebuah neural network yang memiliki milyaran parameter dan sudah dilatih dengan jutaan examples. Setiap terjadinya peningkatan kemampuan dari fitur teknlogi object recognition ini menunjukkan bahwa tim facebook Accessibility ini mampu menghadirkan teknologi yang bisa diakses oleh semakin banyak orang.

Untuk tahap awal, Facebook mencoba fitur automatic alt text ini di perangkat iOS yang screen readersnya telah dibuat dalam bahasa Inggris terlebih dahulu dan kedepannya akan menambahkan fungsi ini ke berbagai bahasa dan platform lainnya sesegera mungkin. Meski teknologi ini masih tergolong baru, memanfaatkan kemampuannya untuk memberikan deskripsi foto merupakan sebuah kemajuan penting dalam upaya membantu tunanetra melihat Facebook.