ArenaLTE.com – Awal bulan ini, Microsoft merayakan ulang tahun sistem operasi terbarunya Windows 10 yang sekarang telah dipakai lebih dari 350 juta pengguna. Bertepatan dengan itu pula, raksasa teknologi asal AS ini merilis rangkaian fitur baru Windows 10 terutama yang menonjol adalah Windows Ink Workspace yang membidik pelaku industri kreatif. Update ini juga diklaim mampu meningkatkan produktivitas beragam profesi, termasuk jutaan pelaku industri kreatif di Indonesia. 

Industri kreatif menjadi segmen baru yang dibidik karena potensinya yang cukup besar. Pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia mencapai 5,76% di tahun 2014 – lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di kisaran 5,74%, sehingga memiliki potensi besar.

Kami berharap fitur baru Windows 10 dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan industri kreatif tanah air dengan membantu meningkatkan produktivitas para pemainnya dan mendukung mereka dalam melakukan transformasi digital,” ujar Linda Dwiyanti, Consumer Channels Group Director, Microsoft Indonesia.

Fitur Baru Windows 10: Ink Workspace

Fitur baru Windows 10 yang paling ditonjolkan adalah Windows Ink Workspace. Sesuai namanya, melalui fitur ini pengguna bisa melakukan berbagai hal seperti membuat notes, sketch, dan lainnya. Rangkaian fitur Windows Ink Workspace bisa untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi kerja.

Misalnya fitur Sticky Notes yang dapat mempermudah berselencar di internet. Cukup menuliskan keyword yang ingin dicari di Sticky Notes dan fitur ini akan langsung terintegrasi dengan Microsoft Edge.

Selain Sticky Notes, fitur lainnya adalah Sketchpad. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menulis atau menggambar di atas perangkat dengan memakai pena stylus bagi perangkat touchscreen atau mouse untuk perangkat non-touchscreen. Sketchpad pun menyediakan fitur Ruler yang dapat memudahkan penggunanya dalam menciptakan garis lurus saat berkreasi. Antarmuka Sketchpad yang ramah pengguna memungkinkan untuk belajar menggunakan fitur baru Windows 10 Anniversary Update dengan cepat.

windows 10 sketchpadTak tanggung-tanggung, Microsoft menggandeng beberapa pelaku kreatif terkemuk di Indonesia. Salah satunya adalah Faza Ibnu Ubaidillah (Faza Meonk), pencipta komik Si JukiDengan Sketchpad, saya dapat mengurangi sedikitnya satu tahapan: menggambar di kertas. Selain itu, saya juga tidak perlu takut kehilangan gambar karena bisa langsung saya dimpan di OneDrive sehingga bisa dibuka di mana saja dan kapan saja,” ujar Faza.

Selain Faza, seorang perancang busana yang sukses mendirikan startup bernama Cloth Inc, Julian Tanoto, juga digandeng untuk mempromosikan fitur baru Windows 10 Anniversary Update. “Sekarang saya bisa menggambar sketsa pakaian di atas pesawat atau kereta api saat melakukan perjalanan dinas. Rasanya sama seperti menggambar di atas kertas sehingga saya menjadi lebih bebas dalam berkreasi. Saya pun bisa langsung mengirimkan sketsa gambar ke rekan saya dengan lebih cepat,” ujar Julian.

Pembaharuan Windows 10 Lainnya

Windows 10 Anniversary Update juga hadir dengan dukungan beragam aplikasi unggulan yang tersedia di Windows Store, seperti Staffpad. Staffpad merupakan aplikasi yang memungkinkan pengguna menuliskan notasi musik secara digital. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi input dalam pena dan layar sentuh yang responsif.

Melalui Windows 10 Anniversary Update, Microsoft juga memberikan akses yang mudah untuk browser Microsoft Edge dengan menawarkan fitur ekstensi aplikasi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna Edge berselancar ke situs lain secara lebih cepat. Adapun pemrosesan CPU Microsoft Edge menjadi jauh lebih minimalis sehingga daya tahan perangkat menjadi lebih hemat.

Dari segi keamanan, Microsoft mempercanggih tingkat keamanan Windows Hello dan Windows Defender sehingga pengguna tidak perlu khawatir data mereka akan rusak atau hilang. Anniversary Update ini juga telah terintegrasi dengan Microsoft Edge, sehingga memungkinkan pengguna untuk masuk ke berbagai situs dengan menggunakan Windows Hello. Seluruh fitur terbaru Windows 10 ini dapat dinikmati secara gratis oleh pengguna Windows 10 genuine sebagai bagian dari Windows as a service.