ArenaLTE.com – Film kini menjadi salah satu media promosi baru yang dianggap efektif. Banyak perusahaan yang memanfaatkan film baru terutama blockbuster sebagai sarana untuk mempromosikan produknya. Seperti pada film terbaru dari Marvel Studio yaitu Doctor Strange yang akan tayang di bioskop Indonesia mulai hari ini (26 Oktober 2016). Dua perusahaan asal Tiongkok yaitu Alibaba dan Huawei ikut meramaikan film tersebut.

Sebagai informasi, Doctor Strange yang dibintangi oleh Benedict Cumberbatch bercerita tentang ahli bedah saraf terkenal di dunia bernama Dr Stephen Strange. Dalam usahanya untuk memperoleh kesembuhan setelah kecelakaan mobil yang mengerikan itu, ia menemukan sihir yang sangat kuat di dalam sebuah tempat misterius. Berbeda dengan kisah super hero lainnya, Doctor Strange memperlihatkan kekuatan sihi super di luar imajinasi.

Karena film ini digadang-gadang akan laku keras, tak heran jika beberapa merek terkemuka tertarik untuk ambil bagian agar ikut terbawa popularitasnya. Alibaba melalui anak perusahahannya UCWeb bekerjasama sebagai partner promosi resmi dengan memakai dua platform UC Browser dan UC News.

 

doctor strange (2) (1) (1)

Selain di YouTube yang sudah menjadi sumber utama menonton video online, para pengguna di Indonesia dapat menonton trailer film Marvel Doctor Strange pada UC Browser sejak 18 Oktober lalu. Selain itu, para pengguna akan disuguhkan berita hangat tentang film Doctor Strange melalui UC News.

“Indonesia adalah negara pengguna mobile dengan populasi terbesar di Asia Tenggara, dan ini hal yang penting bagi distributor film untuk menjangkau audiensi tech-savvy yang terus meningkat pada platform pilihan mereka. UC Browser dan UC News, benar-benar menjadi mitra promosi TI pilihan untuk menyebarkan setiap berita dari Doctor Strange kepada para audiens dan membantu melebarkan jangkauan kami dengan metode pemasaran yang teruji,” ujar Mindy Hamilton, SVP, Marvel Global Partnerships.

Sejalan dengan ungkapan tersebut, Kenny Ye, General Manager of Overseas Business, UCWeb, Alibaba mobile business group menambahkan bahwa kerjasama antara UCWeb dan Marvel Studios ini merupakan salah satu inisiatif untuk mengeksplorasi dan memperkaya model dan metodologi dalam pemasaran di bidang hiburan.

Baca :
UC News, Platform Aggregator Berita Buatan Alibaba
Perkembangan UC Browser Dahulu Hingga Sekarang di Indonesia

“Sebagai bagian dari bisnis di bidang hiburan dalam Alibaba Group, kami menargetkan untuk membangun kerja sama promosi film terpercaya bagi film-film impor maupun film lokal Indonesia, dengan sumber-sumber dan pengalaman pemasaran yang melimpah dan kelebihan kami dalam teknologi big data,” jelas Kenny Ye.

Sementara itu Huawei berkolaborasi dengan Marvel melalui merek ponsel yang telah spin off yaitu Honor. Ponsel canggih Honor disebut akan muncul di film Doctor Strange. Menurut pihak Honor, kerjasama ini akan diperpanjang, tidak sekadar menampilkan ponsel di dalam film saja, tetapi berlanjut ke serangkaian kampanye dalam rangka promosi bersama secara daring dan luring.honor 8

Honor dalam melakukan pemasaran kreatif dan dinamis bekerjasama dengan Marvel untuk membidik target pasarnya yaitu generasi milenial. Steven Wang , Direktur Pemasaran Honor mengatakan pihaknya mengambil pendekatan yang sangat berbeda dengan mengejar kesempatan untuk terhubung dengan generasi milenial.

“Kami sangat bersemangat dalam kerjasama kami dengan merek global seperti Marvel, yang akan menginspirasi penonton di seluruh dunia, sebagaimana tujuan Honor untuk mendorong dan menginspirasi pelanggannya,” ucap Steven Wang , Direktur Pemasaran Honor.

Sementara itu Mindy Hamilton, Wakil Presiden Senior Marvel untuk Kemitraan Global mengatakan generasi milenial jelas merupakan kelompok demografis utamanya. “Bermitra dengan Honor memungkinkan kami untuk tetap berada di teknologi terdepan dan untuk bereksperimen dengan usaha-usaha di mana kami bisa menjangkau mereka,” ujar Mindy.

Ponsel yang diunggulkan dalam kerjasama tersebut adalah seri Honor 8. Smartphone ini dianggap sesuai dengan karakter film Doctor Strange, yang berjuang untuk memberi kekuasaan pada pengguna digital melalui teknologi. Smartphone ini dibekali sistem kamera lensa ganda canggih, sensor sidik jari dengan tombol pintar yang bisa diprogram, dan desain gelas berlapis yang memantulkan cahaya.