ArenaLTE.com – Dalam rangka merayakan pekan belanja online yang diikuti oleh beberapa operator ecommerce yang hadir dengan promo-promo menarik, Festival Belanja Online 2016 (FBO) kembali di gelar. Ajang bertujuan mengedukasi masyarakat akan kemudahan, kenyamanan dan keamanan dari berbelanja online.

Festival yang sudah diadakan kali ke 3 ini sejak tahun 2014 awalnya diinisiasi oleh sekelompok ecommerce yang diketuai oleh Muhamad Arif selaku panitia penyelenggara. Adapun ecommerce yang berpartisipasi dalam FBO 2016 kali ini berasal dari berbagai kategori penyedia barang dan jasa baik marketplace, electronics, home and living, groceries, fashion, travel dll. festival belanja online kali ini pun berkerjasama dan didukung oleh berbagai macam perusahaan dari berbagai industri baik dari perbankan, asosiasi ecommerce, dan penggiat industri digital lainnya.

festival belanja online 2Setiap tahun festival belanja online selalu memiliki konsep aktifitas “promo tambahan” selain diskon yang diberikan secara langsung oleh peserta kepada konsumen Festival Belanja Online, antara lain FBOKUPON16. FBOKUPON16 merupakan kode elektronik vouchers gratis yang dapat digunakan di seluruh ecommerce yang terdaftar di festival belanja online.

Selain bagi-bagi evouchers, Festival Belanja Online juga menawarkan promo tambahan lain, yaitu FLASH SALE SHOPPING MARATHON yang merupakan promo khusus untuk konsumen yang berbelanja di Festival Belanja Online 2016. Ada pun mekanisme nya adalah setiap peserta FBO kali ini berkewajiban menjual 5 produk dengan harga yang sangat murah serta jumlah dan waktu yang terbatas. Masing-masing peserta Festival Belanja Online 2016 diberikan waktu selama 1 jam yang secara bergiliran bergantian menjual produknya dengan peserta lainnya selama periode FBO 2016 berlangsung.

Festival Belanja Online selalu memberikan kesempatan dan ruang serta   bekerjasama dengan forum, komunitas atau bahkan perusahaan NGO untuk melakukan penggalang dana dan berusaha mengkomunikasikan dan mengedukasi masyarakat bahwa event sejenis ini tidak hanya sekedar menjual dan memiliki motif komersil saja tetapi juga terdapat pesan berbagi kepada sesama.

Seperti pada tahun 2015 festival belanja online bekerjasama dengan UNICEF sebagai wadah donasi untuk membantu anak anak Indonesia. Adapun jumlah uang donasi yang berhasil di himpun berasal dari hasil transaksi dan biaya operasional event festival belanja online 2015. Tahun ini festival belanja online akan diadakan pada tanggal 25 – 30 november 2016 dengan total  peserta  lebih  dari  75  ecommerce  di  Indonesia  yang  menyediakan  diskon  hingga  90% melalui pembelanjaan di situs festivalbelanjaonline.com .

Festival belanja online tahun ini, akan berkerjasama dengan kitabisa.com yang merupakan penyedia platform fundraising untuk para “dermawan” yang ingin berdonasi secara online. Mekanisme penghimpunan uang donasi pun akan dikumpukan secara langsung via website Festival Belanja Online berikut uang operasional kegiatan festival belanja online dan sebagian dari hasil transaksi ecommerce di festival belanja online.

“Target kami mengadakan acara Festival Belanja Online ini adalah mengajak para penggiat  ecommerce  Indonesia  untuk  bersama-sama  mengenalkan  kepada  masyarakat  luas apabila belanja online itu mudah, aman dan nyaman. Kami berharap akan terjadi peningkatan trafik belanja online yang signifikan tiga hingga enam kali lipat daripada hari biasa,” kata Muhamad Arif, Ketua Panitia Festival Belanja Online 2016.

“Festival Belanja Online 2016 mengutamakan nilai edukasi kepada masyarakat Indonesia bahwa berbelanja online melalui lebih dari 75 ecommerce besar di event ini merupakan salah satu   langkah   pintar   untuk   memperoleh   penawaran   terbaik,   di   mana   online   shopper berkesempatan untuk berbelanja super hemat sambil beramal, dan bermanfaat” tambahnya.