ArenaLTE.com – Erafone selesai membangun pabrik perakitan ponsel di Jakarta, tepatnya di wilayah Pulogadung. Hasan Aula, Chief Executive Officer (CEO) PT Erafone Artha Retailindo (Erafone), mengungkapkan pabrik tersebut akan fokus untuk produk Venera dalam kategori produk feature phone. 

“Pabrik sudah dibangun sekarang. Saat ini pabrik tersebut sedang dalam proses trial tahun ini yang dimulai di Pulogadung. Kami sedang trial dengan ring kita sendiri Venera, dan kemungkinan akan kita jajaki dengan produk-produk lainnya. Rencananya, produksi untuk sebulannya bisa mencapai 150 hingga 200 ribu unit per bulannya,” jelas Hasan Aula, di sela acara penandatanganan Joint venture Erafone dengan AmTrust, di Jakarta.

Lanjutnya menjelaskan, pembangunan pabrik tersebut memang difokuskan untuk satu merek yang dipegang oleh Erafone saja, yakni Venera. Ponsel tersebut juga masih masuk dalam kategori produk feature phone, meski dirinya meyakinkan bahwa kedepannya akan juga memungkinkan untuk masuk dalam lini smartphone.
Baca juga: Erafone Megastore Margo City, Outlet Terbesar di Indonesia

“Venera masih untuk produk feature phone namun tidak menutup kemungkinan nantinya akan juga berkembang untuk smartphone. Jadi kedepannya, jika ada brand lain yang mau kerja sama kita akan open. Saat ini hanya untuk Venera, tetapi kedepannya kemungkinan untuk didesain smartphone 4G,” jelas Hasan Aula.

Tambahnya menuturkan, feature phone di Indonesia dianggapnya masih terlihat cukup besar, bahkan diakuinya pangsa pasar dalam negeri ini masih ada peluang untuk dimasuki. Sehingga perusahaan yakin, produk yang akan dilahirkan dalam pabriknya tersebut akan laku dibeli oleh masyarakat Indonesia dan diklaimnya masih menyukai feature phone.

“Program trial biasanya menghabiskan waktu dari 3 sampai 6 bulan, meski seharusnya 3 bulan. Dan langkah kedepannya akan kemungkinan langsung produksi smartphone. Untuk pasar feature phone sendiri, dan diliat dari laporan GFK secara volume pangsa pasarnya masih ada sekira 20 persen, jadi masih ada peluang,” jelas Hasan Aula.

Dirinya juga menjelaskan, pembangunan pabrik yang berdiri di Pulogadung ini telah bekerja sama dengan PT Axioo International.”Modal setor awalnya kita sekira 10 miliar. Tapi bila nantinya ada brand lain yang akan bergabung, kemungkinan bisa lebih besar,” tambah hasan.

Untuk diketahui, selain memegang merek Venera untuk smartphone, perusahaan sebelumnya telah mengakuisisi PT Axioo International untuk produk gadget. Pihaknya mennyebutkan bahwa akuisisi terhadap anak usaha Axioo Indonesia itu adalah untuk proses perakitan produk, sementara pihak Erajaya akan berdiri sebagai distribusi produk.