ArenaLTE.com – ZTE berupaya memperkuat komitmennya untuk mendukung perkembangan teknologi di Indonesia dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu caranya, perusahaan asal Tiongkok ini mengumumkan kerjasamanya dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya (20/5/2016). Kerjasama tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa ITS dengan menghadirkan sebuah laboratorium berisi bagian dari solusi e-education milik ZTE.
Menurut Mei Zhonghua, President Director PT ZTE Indonesia, memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), kebutuhan masyarakat Indonesia akan teknologi semakin meningkat. Masyarakat Indonesia membutuhkan solusi yang dapat membantu para generasi muda dalam proses belajar sehingga mereka dapat memiliki kompetensi unggul dan mampu bersaing.
“Sebagai wujud kepedulian dan kontribusi ZTE terhadap perkembangan teknologi di Indonesia, kami memperkuat komitmen dengan menyediakan teknologi yang dapat meningkatkan kualitas proses belajar mengajar para mahasiswa teknik dan dosen di ITS,” ucap Mei Zhonghua. Dalam perjanjian kerjasama dengan ITS tersebut, ZTE juga memberikan dukungan dana penelitian untuk para mahasiswa ITS tingkat akhir.

Sementara itu Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.Es, Ph.D, Rektor Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengatakan ITS adalah institusi pendidikan berkualitas tinggi yang dapat menghasilkan para alumni yang memiliki kompetensi unggul di bidang teknik.
Untuk dapat terus mempertahankan kualitas dan reputasi baik institusi ini, kami membutuhkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Setelah melalui berbagai evaluasi dan percobaan, kami melihat solusi dan produk e-education ZTE dapat menjawab kebutuhan kami,” ujarnya.

ITSBaca juga: ZTE Network Luncurkan Solusi Cloud Generasi Terbaru

Solusi e-education yang dihadirkan di dalam laboratorium ITS tersebut terdiri dari All in One Projector, yaitu proyektor berteknologi canggih yang dapat menghadirkan fungsi multimedia lengkap. Produk tersebut dapat mengintegrasikan komputer, proyektor, papan tulis elektrik, power amplifier, pengeras suara, dan software pendidikan.

Satu proyektor dapat menghadirkan berbagai fungsi dari berbagai macam perangkat tersebut. Aplikasi multimedia yang ingin ditampilkan dapat dioperasikan dengan satu perangkat dan diproyeksikan pada dinding berwarna putih atau papan tulis berwarna putih sehingga tidak membutuhkan tempat khusus. Selain pengoperasiannya yang ringkas, proyektor ini juga hemat tenaga, mudah digunakan, mudah dipasang, dan memiliki peforma tinggi.

Solusi yang dihadirkan ZTE tersebut mengevolusi sistem pengajaran tradisional yang membosankan menjadi lebih interaktif, efektif, dan efisien. Dengan solusi tersebut, para mahasiswa ITS bisa mendapatkan pengalaman belajar yang lebih baik dan mudah diterima karena materi pengajaran dapat diberikan secara visual, interaktif, personal, dan dapat dibagi kepada siapa saja.

Selain bekerjasama dengan ITS Surabaya, sebagai bentuk program CSR (corporate social responsibility) ZTE juga mendonasikan All in One Projector dan tablet kepada SMPN 30 Jakarta pada tahun 2015 lalu. Sebagai informasi, pada tahun 2011, ZTE juga mendirikan Innovation Lab serta menyelenggarakan LTE Technology Workshop di salah satu universitas teknik di Bandung. Hal tersebut menunjukan bahwa ZTE semakin menguatkan komitmennya untuk berkontribusi dalam pengembangan teknologi di Indonesia melalui jalur pendidikan. Untuk rencana selanjutnya, ZTE menggandeng Trust Unified Systems, sebuah perusahaan sistem integrator yang fokus di bidang pendidikan, untuk mengadakan pelatihan kompetensi untuk para mahasiswa ITS.