ArenaLTE.com – Facebook bulan lalu telah memberi “kode keras” akan kehadiran fitur baru foto dengan sudut pandang 360 derajat, mengikuti peluncuran video 360 derajat pada tahun sebelumnya. Benar saja, kini fitur foto 360 derajat di Facebook telah resmi meluncur. Pengguna Facebook sekarang akan dapat melihat foto dalam modus 360 derajat.

Pada dasarnya fitur ini lebih condong untuk meemenuhi ke arah virtual reality ketika dipasangkan dengan headset VR seperti Oculus Rift, Samsung Gear VR, HTC Vive, Sony PlayStation VR atau mungkin headset yang lebih sederhana seperti Google Cardboard.

Namun ada keuntungan yang bisa di dapat dari fitur ini, yakni dapat melihat foto biasa dari sudut yang lebih dinamis. Tentu saja untuk mendapatkan fitur tersebut, pengguna harus memiliki kamera yang dapat mengambil foto dengan sudut 360 derajat. Namun kamera 360 sendiri saat ini masih belum begitu populer dan masih segelintir orang yang berminat membelinya.

Seperti yang kita ketahui, Facebook sendiri sudah menginvestasikan dana yang besar untuk bisnis VR (virtual reality) melalui Oculus Rift, sehingga membuat dukungan VR ke dalam Facebook jadi masuk akal. Selain itu, kita juga melihat beberapa perusaan yang pada dasarnya tidak menggeluti dunia teknologi memutuskan untuk masuk ke bisnis VR.

foto-360-paul-feedAnda melihat foto 360 derajat yang ada pada ponsel, maka Anda bisa menggerakkan foto tersebut hingga 360 derajat dengan menyeretnya menggunakan jari di touchscreen ponsel atau bisa juga dengan memiringkan perangkat. Tentu lebih nyaman jika dipasangkan ke dalam headset virtual reality. Syaratnya adalah update aplikasi Facebook terbaru (versi 8.0 + untuk Android dan v5.7+ untuk iOS) dan menggunakan sistem operasi anyar minimal iOS 8 dengan iPhone 5S atau yang lebih baru atau Androd 4.4 dengan perangkat tahun 2013 atau yang lebih baru.

Sementara itu untuk penggunaan pada desktop, maka Anda bisa dengan mudah menggerakkannya menggunakan mouse. Sebelumnya juga telah diketahui jika Facebook terus berkembang untuk memanjakan para penggunanya dengan membuat fitur discover agar pengguna lebih mudah mencari minat di Grup Facebook.

Untuk bisa mengambil foto 360 derajat, Anda bisa menggunakan kamera yang memang dirancang untuk merekam konten ini seperti Samsung Gear 360, LG 360 Cam, dan sebagainya. Atau bisa juga dibuat dengan fitur Photosphere yang biasanya sudah terinstall di aplikasi Camera besutan Google.

Seperti apa format yang dibutuhkan agar sebuah gambar dikenali sebagai foto 360 derajat? Untuk pengguna iOS Devices, Anda mengaktifkan fitur Panorama di aplikasi Camera dengan ketentuan perangkat yang didukung adalah iPhone 4S atau yang lebih baru; iPad Mini 2,3,4; iPad Air, iPad Air 2; dan iPad Pro. Sedangkan untuk smartphone besutan Samsung hanya yang kelas premium yaitu seri Samsung Galaxy S7, S6, S5, Note 5 dan Note 4. Anda juga bisa menggunakan aplikasi photo spheres seperti Street View, Google Camera, dan Theta S. Atau gambar yang digabungkan melalui tools seperti PTGui.

Akankah foto 360 derajat menjadi tren baru? Sangat mungkin. Karena kecenderungan pengguna untuk eksplorasi kemampuan kamera. Foto 360 derajat memberikan experience baru dengan pemandangan yang menyeluruh sehingga pengguna bisa mengetahui suatu lokasi dengan lebih jelas. Namun prosesnya masih butuh waktu karena belum semua perangkat mendukung fitur ini. Bisa saja setelah diaplikasikan di Facebook, nantinya fitur foto 360 derajat diterapkan di Instagram. Tentu akan lebih fenomenal lagi.