ArenaLTE.com – Layanan live TV streaming tampaknya telah menarik perhatian dua perusahaan jejaring sosial ternama, Facebook dan Twitter. Laporan menyebut kedua perusahaan berencana menyediakan layanan TV streaming untuk para penggunanya.Tak hanya berbentuk situs, platform live TV streaming juga sudah hadir dalam bentuk aplikasi di komputer dan  smartphone.

Dikutip dari Ubergizmo.com, Facebook dan Twitter berencana untuk membuat konten live TV streaming. Kedua perusahaan juga dilaporkan sudah mendekati beberapa programmer potensial dan berusaha untuk mengamankan kesepakatan. Berbeda dengan Twitter, pihak Facebook memberikan keterangannya seputar ketertarikannya dalam menghadirkan layanan TV streaming. Pihak Facebook mengatakan, “Tujuan kami dengan memberikan live video adalah untuk bekerja dengan mitra kami untuk pindah ke model monetisasi berkelanjutan yang cepat. Kami tidak hanya fokus pada perolehan hak untuk program TV konvensional“.

Baik bagi Facebook dan Twitter, keduanya saat ini telah memiliki fitur video seperti Live Video Streaming yang belum lama ini dibuka oleh Facebook untuk semua penggunanya. Sedangkan Twitter memiliki fitur video bernama Periscope. Kedua fitur dari Facebook dan Twitter tersebut dianggap sama-sama memiliki potensi untuk menyediakan layanan TV streaming.

Khusus untuk Facebook, urusan layanan streaming video bukan cerita baru, sebelumnya Facebook malah telah menghadirkan live streaming Fitur terbaru Facebook memungkinkan pengguna untuk melihat acara secara langsung. Facebook memulainya dengan menampilkan live streaming festival musik Lollapalooza.

Live Streaming video di FacebookBaca jugaLayanan Streaming Netflix Versi Mobile Hadirkan Fitur Penghemat Data

Jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu menghadirkan video dari festival musik tersebut dalam Place Tips, sistem dari Facebook yang memungkinkan pemilik bisnis terhubung dengan konsumennya saat berada dalam toko.Selain melihat video dari Lollapalooza, pengguna Facebook yang memiliki teman yang menghadiri festival musik tahunan tersebut dapat melihat foto dan video yang mereka unggah.

Sementara itu, Twitter telah melakukan hal serupa dengan Project Lighting. Fitur baru tersebut dijadwalkan akan hadir pada akhir tahun ini. Pengguna Twitter akan melihat tombol di homepage akun Twitter mereka, dan menekannya untuk dapat menyaksikan acara secara langsung. Berbeda dengan Twitter, Facebook memungkinkan pengguna untuk melihat video dan foto Place Tips dari teman-teman mereka saja.