ArenaLTE.com – Beberapa perusahaan besar berbasis intenet dan telekomunikasi tengah gencar menggadang solusi yang bertema semi CSR (corporate social responsilibity). Meski dibalut pencitraan yang amat kental, gema Microsoft yang akan men-deploy akses internet broadband di 500 ribu desa di India berhasil memancarkan gaungnya. Disusul Google yang akan menggelar 400 WiFi hotspot di stasiun kereta api di seluruh India. Kini Facebook juga siap menggeber akses internet di kawasan gurun pasir.

Agak bergeser ke Barat Daya, tepatnya di kawasan Sub Sahara Afrika, Facebook juga punya rencana yang tak kalah prestis. Dengan dalih melanjutkan proyek drone internet yang ditenagai energy sinar matahari, upaya Facebook belakangan terasa lebih serius lagi. Perusahaan yang dipimpin Mark Elliot Zuckerberg ini mengumumkan bahwa mereka telah bekerja sama dengan operator satelit Perancis Eutelsat untuk membawa konektivitas internet di area sub-Sahara Afrika.

Dalam sebuah perjanjian yang berlaku untuk beberapa tahun, Facebook telah menggandeng Spacecom yang akan menyediakan komunikasi satelit. Satelit yang digunakan adalah AMOS-6 untuk membawa akses internet ke bagian besar dari wilayah sub-Sahara Afrika pada semester kedua tahun 2016.

Facebook telah bergabung upaya ini di bawah inisiatif Internet.org yang telah membawa internet  untuk masyarakat luas di negara-negara dunia ketiga, idenya adalah untuk menyediakan layanan web gratis untuk masyarakat yang belum memiliki akses ke layanan vital tersebut.

Internet.org memang diluncurkan di Afrika sekitar dua tahun yang lalu dan saat ini telah berjalan di dekat 20 negara. Hingga kini Facebook tengah menguji drone di dukung oleh sinar matahari untuk memberikan konektivitas yang dapat menggapai sudut-sudut terjauh di dunia.

Sebuah pernyataan yang dikirim oleh Eutelsat mengatakan bahwa kemitraannya dengan Facebook akan memungkinkan pengguna di daerah-daerah untuk online menggunakan “off-the-shelf” yang terjangkau, sehingga mereka tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk investasi di peralatan.

Di Indonesia, layanan internet gratis Internet.org sejauh ini hanya bisa dinikmati oleh pelanggan seluler yang menggunakan kartu SIM Indosat. Caranya adalah dengan mengarahkan peramban ke alamat www.internet.org atau lewat aplikasi mobile. Ada 15 situs yang bisa diakses secara cuma-cuma, termasuk dua situs e-commerce, situs berita, dan situs Facebook sendiri. Situs-situs tersebut merupakan versi khusus yang dirancang agar menghemat bandwidth 2G, berbeda dari laman web mobile reguler.