ArenaLTE.com – Hingga kini setidaknya ada tiga juta iklan yang aktif di jaringan Facebook. Sebagai platform jejaring sosial terbesar sejagad, pertumbuhan pengiklan aktif di Facebook telah tumbuh lebih dari 50 persen dalam satu tahun belakangan. Dari iklan yang berseliweran di situs jejaring sosial tersebut, 70 persen diantaranya berasal dari luar Amerika Serikat.

Dikutip dari situs Telecomasia.net (7/3/2016), Asia Tenggara disebut sebagai wilayah regional yang paling cepat pertumbuhan populasi iklan di situs jejaring sosial terbesar itu. “Wilayah Asia Tenggara adalah yang tercepat dari sisi perkembangan bisnis iklan dibanding wilayah lain di dunia,” ujar Nadia Tan, head of SMB (small medium business) Facebook Southeast Asia.

Dua negara dari lima negara teratas yang tumbuh dalam persentase pertumbuhan iklan pada tahun 2015 melebihi tahun 2014 berasal dari Asia Tenggara. Posisi teratas adalah Vietnam dan Indonesia. Tiga negara lain di daftar lima besar adalah Mesir, Peru, dan Turki. “Lebih dari 3 juta bisnis pengiklan aktif di situs kami secara global, dan Asia Tenggara. Hari ini, 74 persen dari pengguna di Thailand dan 73 persen dari pengguna Vietnam secara aktif berhubungan dengan bisnis yang penting bagi mereka, “tulis Tan.

Sebagai pelopor di Asia Tenggara adalah sektor usaha SMB yang jadi motor jatung ekonomi. Sebagian besar bisnis berada di laman Facebook Pages sebagai solusi area beriklan. Dorongan dari jalur seluler (aplikasi dan Page) ikut memperkuat kontribusi kesuksesan platform iklan Facebook.