ArenaLTE.com – Meski SMS (Short Message Service) sudah mulai jarang digunakan, namun teknologi bawaan dari 2G ini masih terus mendapat tempat, pasalnya platform SMS ibarat obat generik, dimana kehadirannya dapat diterima di semua lintas layanan. Dan berita terbaru menyebut Facebook tengah menguji coba fitur baru untuk layanan Messenger-nyal, dimana aplikasi Facebook Messenger nantinya dapat menggabungkan layanan percakapan messenger milik Facebook dengan SMS.

Layanan ini diujicobakan untuk mempermudah pengguna Facebook Messenger untuk berkomunikasi. Juru bicara Facebook mengatakan saat ini Facebook Messenger terus mencoba menciptakan cara baru untuk mempermudah pengguna Facebook berkomunikasi dengan siapapun. Layanan ini akan bisa dimanfaatkan jika pengguna Facebook Messenger bersedia mengkoneksikan SMS-nya melalui aplikasi Messenger.

Mengubah layanan aplikasi messaging mobile kedalam SMS Client merupakan sesuatu hal yang juga pernah dilakukan oleh Google didalam Android mereka. Namun pada kenyataan nya penggunaan aplikasi gabungan dengan layanan SMS ini masih harus membuat kita berpindah-pindah antara aplikasi tersbut atau aplikasi SMS yang sudah ada jadi tidak benar-benar terintegrasi. Langakh yang dilakukan Facebook ini sepertinya berbeda.

Fitur integrasi SMS sebelumnya telah ditiadakan dari layanan Facebook beberapa tahun lalu. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk membaca SMS berdampingan dengan pesan Facebook mereka.”Kami sedang menguji coba fitur yang memungkinkan orang dengan mudah membawa semua percakapan mereka – dari SMS dan Messenger – pada satu tempat. Ini merupakan cara yang sangat sederhana untuk mendapatkan, melihat dan menanggapi semua pesan SMS Anda hanya dalam satu aplikasi,” kata juru bicara Facebook yang dilansir dari Ubergizmo.

Aplikasi Facebook Messenger ini nantinya akan membedakan pesan SMS dan pesan Messenger dengan penggunaan warna berbeda. Kedua percakapan ini juga nantinya dapat dikostumisasi dengan pemilihan warna berbeda sesuai keinginan kita, seperti warna biru untuk SMS, warna ungu untuk Facebook Messenger. Layanan ini kurang lebih akan menyerupai layanan Google Hangouts yang dapat menyatukan pesan SMS dengan layanan percakapan lain seperti WhatsApp atau Google Talk.