ArenaLTE.com – Sejak tidak memiliki frekuensi jaringan telekomunikasi karena dipindah tangankan ke Smartfren, PT Bakrie Telecom Tbk (BTEL) melirik bisnis digital sebagai sumber pendapatan baru. Perusahaan yang dikenal dengan merek Esia ini mengandalkan aplikasi chatting dan voice talk miliknya yakni EsiaTalk sebagai senjata untuk bersaing di bisnis digital.
Baca juga: Bakrie Telecom Akan Luncurkan Layanan 4G LTE dengan Merek Baru Pada 2016

Sejak diluncurkan pada April 2015 lalu, Esiatalk mampu meraih pencapaian yang dianggap cukup menggembirakan. Hanya dalam kurun waktu dua bulan sejak diluncurkan, aplikasi ini telah mengantongi lebih dari 200 ribu pengguna aktif dan bahkan sempat bertengger di jajaran 20 aplikasi teratas di Google Play Store.

Jastiro Abi, Direktur Utama BTEL mengatakan aplikasi karya anak bangsa ini berani tampil ke depan dan siap bertarung di tengah gempuran aplikasi mobile bawaan pengembang asing. EsiaTalk dianggap hadir untuk menjawab kebutuhan komunikasi masyarakat yang kian dinamis. Mulai dari percakapan singkat melalui teks (chatting), hingga panggilan suara yang memanfaatkan jaringan internet (VoIP).

Berbeda dengan aplikasi sejenis yang hanya bisa berkomunikasi dengan sesama pengguna, Esiatalk memberikan alternatif komunikasi yang lebih luas. Aplikasi berbasis smartphone buatan BTEL ini juga bisa digunakan untuk melakukan panggilan telepon gratis ke berbagai nomor lainnya baik dari dalam maupun luar negeri.

“Dengan aplikasi EsiaTalk, para pengguna smartphone bisa menikmati fitur komunikasi yang semakin leluasa seperti fitur telepon ke semua nomor, hingga chatting gratis ke sesama pengguna bisa dilakukan. Semuanya hanya membutuhkan koneksi internet,” ujar Direktur Bakrie Telecom Harya Mitra Hidayat.

Harya mengungkapkan, panggilan telepon melalui jaringan internet (VoIP) merupakan fitur unggulan EsiaTalk. Ini mencermati trend global di mana komunikadi dengan VoIP mulai meningkat dengan sangat pesat. Fitur unggulan tersebut memungkinkan panggilan telepon gratis ke sesama pengguna EsiaTalk dan tarif yang murah ke nomor lokal maupun internasional. Fitur ini diharapkan bisa menjadi alternatif jitu bagi seluruh pengguna smartphone untuk berkomunikasi dari dan ke mana saja secara cerdas.

Screenshot aplikasi EsiaTalk
Screenshot aplikasi EsiaTalk

Fitur unggulan EsiaTalk ini bisa dinikmati dengan kualitas suara jernih yang bisa berjalan secara maksimal di jaringan 3G, 4G, atau WiFi. Selain itu, ada nomor virtual unik bagi setiap pengguna, nomor ini bahkan bisa dihubungi kembali oleh si penerima atau lawan bicara. Jika dilihat secara garis besar, konsepnya secara umum mirip dengan yang ditawarkan Smartfren yakni SmartCall.
Baca: SmartCall: Aplikasi VoIP untuk Panggilan Telepon dengan Nomor Virtual