ArenaLTE.com – Setelah semua operator telekomunikasi mengimplementasikan teknologi 4G LTE, ujicoba jaringan secara rutin menjadi hal yang mutlak. Karena untuk mengetahui sejauh mana kualitasnya yang diberikan ke konsumen. Namun demikian, bukan hal mudah untuk mempersiapkan infrastruktur ujicoba tersebut. Pasalnya kebutuhan untuk distribusi dan pemantauan harus bisa berjalan baik dan berimbang.

Operator harus terus menjaga kualitas jaringan. Terlebih pola pertumbuhan dari data traffic semakin tinggi. Ini didorong oleh meningkatnya pelanggan smartphone dan meningkatnya volume data rata-rata per langganan, terutama dari konten video streaming yang semakin disukai.

Pertumbuhan ini akan semakin intensif dengan diadopsinya Internet of Things (IoT) dan jaringan Low Power Wide Area (LPWA) yang mendukung jutaan koneksi perangkat. Keragaman kasus pengguna yang terkait dengan IOT dan berbagai resultan dari tuntutan ini akan menempatkan pada jaringan mobile juga akan mendorong kebutuhan untuk fleksibilitas.

Ericsson berupaya memenuhi kebutuhan operator tersebut melalui produk baru elastic RAN dan virtualized RAN. Portfolio produk Ericsson Cloud RAN dianggap memenuhi kebutuhan ini dengan pilihan arsitektur untuk Distributed and Centralized RAN. Begitu juga dengan solusi baru Elastic RAN dan Virtualized RAN.

Arun Bansal, Wakil Presiden Senior dan Kepala Unit Bisnis Radio, Ericsson, dalam keterangan resminya mengatakan pihaknya siap bekerja dengan operator terkemuka di seluruh dunia. Ia memahami bahwa tidak ada satu ukuran yang cocok untuk semua arsitektur akses mobile, yang dapat memenuhi keberagaman kebutuhan operator akan cakupan, kapasitas dan optimalisasi jaringan.

Arun mengklaim teknologi Ericsson Cloud RAN menjanjikan kepada para operator berupa fleksibilitas untuk sentralisasi, distribusi, skalabilitas dan virtualisasi fungsi jaringan radio akses yang secara efisien memenuhi kebutuhan performa mereka saat ini. Termasuk ketika akan berevolusi ke 5G.

Sementara itu Virtualisasi RAN Ericsson digunakan untuk meningkatkan kesederhanaan operasional dan penghematan dengan virtualisasi yang menyajikan performa tanpa kompromi. Teknologi ini telah didemonstrasikan di MWC 2016 yang berlangsung di Barcelona, Spanyol. Selain itu, vendor jaringan tersebut juga menguji teknologi Ericsson Cloud RAN yang akan menampilkan fungsi akses radio yang divirtualisasi oleh server terpencil yang terletak di Swedia.