ArenaLTE.com – Dibalut dalam backbone 4G LTE, kereta cepat di Jerman memang sudah merasakan sensasi dari teknologi LTE for railway. Dan merujuk ke berita terdahulu, bahwa Ericsson telah melakukan serangkaian uji coba akses internet berkecepatan tinggi di Jerman, maka update berita terbaru menyebut Ericsson bersama dengan Icomera telah berhasil mengimplementasikan jarigan onboard mobile broadband di 386 kereta cepat milik Deutsche Bahn di Jerman.

Meski menggunakan backbone 4G LTE, sebagai koneksi kepada terminal/perangkat dijalankan lewat jalur WiFi (wireless fidelity) yang menghubungkan akses kepada tiga operator seluler di Jerman. Layanan yang digadang Ericsson dan Icomera ini menjamin bahwa koneksi internet tetap dapat diniikmati secara lancar meski kereta melaju pada kecepatan diatas 300 km per jam.

Dalam proyek ini, Icomera berperan sebagai penyedia platform, yakni berupa hardware, modul, antena, router, dan virtual server. Sementara Ericsson disini menyediakan keahliannya pada teknologi gateway dan layanan pengelolaan aplikasi pada jaringan. Icomera Germany GmbH adalah perusahaan yang berbasis di Jerman dan telah berpengalaman dalam membangun koneksi pada pulurah ribu kendaraan.

Dalam siaran pers di Ericsson.com (22/6/2016), Andrea Petti, Head of Intelligent Transport Systems at Ericsson mengatakan, “Bersama dengan Icomera, Ericsson menyediakan operator-agnostic Wi-Fi service yang menjamin semua kereta cepat di Deutsche Bahn memiliki akses ke konektivitas yang sangat baik – terlepas dari jaringan selular mereka berlangganan dengan operator atau tidak.

Jasa profesional di pusat operasi jaringan kami di Hamburg akan memastikan bahwa jaringan WiFi selalu berada di puncak performa,” ujar Petti.