ArenaLTE.com – Sesuai dengan janjinya, Lenovo dan Google telah menggelar perhelatan untuk media pad 7 Januari lalu di ajang CES (Consumer Electronic Show) 2016 di Las Vegas, AS. Lenovo mengumumkan akan memproduksi perangkat konsumen pertama dengan integrasi Google Project Tango, di ajang CES 2016. Project Tango Lenovo ini juga rencananya akan diluncurkan dalam waktu singkat yaitu pada kuartal dua tahun ini.

Dan perangkat Project Tango Lenovo yang diumumkan pada ajang CES 2016 ini adalah sebuah phablet. Phablet ini mengusung layar 6,5 inchi, kamera utama 4MP yang mampu melacak gerakan 3D, lensa fish-eye 180 derajat, kamera depan dengan bidang 120 derajat, dan kedalaman 180 x 320 pixels. Lenovo mendesain ulang sehingga phablet dapat digunakan dalam modus potret dan lanskap. Perangkat karya Project Tango Lenovo dengan Google ini disebut akan dipasarkan secara global dengan harga di bawah US$500.

project tango lenovoProject Tango, yang diluncurkan Google pada dua tahun lalu, memungkinkan perangkat memetakan ruang di sekitarnya dalam format 3D secara langsung. Fitur ini memanfaatkan kombinasi antara kamera dan sensor.Google menambahkan, Project Tango memungkinkan pengembang aplikasi mengubah rumah dan lingkungan sekitar menjadi medan game atau layaknya konten virtual dan augmented.

Baca Juga : Kolaborasi Project Tango Google dan lenovo

Sebagai informasi, proyek ini bermaksud untuk meningkatkan konerja navigasi dalam ruangan maupun menjadikan game yang lebih realistis dengan cara mengenali lingkungan sekitarnya. Perangkat Project Tango ini menggunakan kombinasi kamera dan sensor yang ditempatkan pada perangkat mobile untuk menghasilkan pemetaan 3D. Dengan tujuan akhir agar sebuah perangkat mobile bisa digunakan untuk melihat gambar lebih “dalam” seperti pada mata manusia.

Project Tango juga memungkinkan perangkat perangkat mengenali lokasi yang pernah didatangi pengguna, seperti ruang tamu, kantor atau tempat umum. Berbeda dengan GPS, Project Tango dapat melacak pergerakan di dalam ruangan, memungkinkan pengguna mengoperasikan fitur navigasi dan mendapatkan informasi terkait toko di dalam pusat perbelanjaan.

Lenovo dan Google juga mengundang pengembang untuk mendaftarkan ide aplikasi terbaik sebagai bagian dari Project Tango App Incubator. Aplikasi terbaik akan mendapatkan pendanaan dan akan dihadirkan pada ponsel terbaru Lenovo ini. Sayangnya belum ada penampakan seutuhnya dari phablet canggih hasil dari Projet Tango Lenovo ini, perangkat diperkirakan akan tersedia pada musim panas tahun ini.