ArenaLTE.com – Telkomsel tengah menggeber program yang dilabeli Ekspedisi Langit Nusantara (Elang Nusa). Selama satu bulan penuh, mulai dari 14 April hingga 14 Mei 2016 Telkomsel menjelajahi lebih dari 50 kota di Indonesia dalam rangka menguji kehandalan jaringan  broadband  ‘Terluas dan Tercepat’ Telkomsel. Ekspedisi ini melakukan video streaming yang disiarkan dari dua drone berjenis UAV (Unmanned Aerial Vehicle) berukuran besar.

Setelah lepas landas dari Sabang di tanggal 14 April 2016, kali ini drone yang melintasi Jalur Barat Indonesia (Elang Barat) telah sampai di kota Tasikmalaya. Serangkaian aktivitas dilakukan untuk menyambut tibanya drone berukuran besar yang hadir menyapa masyarakat ini, diantaranya konvoi yang dimulai di Lanud Wiriadinata, Tasikmalaya.

drone elang nusa

Menurut Vice President Sales and Marketing Area Jabotabek Jabar Telkomsel, Agus Mulyadi dalam keterangan pers yang diterima ArenaLTE, Tasikmalaya menjadi salah satu titik pemberhentian Elang Nusa yang menjelajahi jalur Barat Indonesia. “Berbagai aktivitas dan program Elang Nusa yang kami lakukan di Tasikmalaya mengajak masyarakat untuk melihat lebih dekat drone berukuran besar yang menangkap keindahan Indonesia di jalur Barat dari udara.”

Sejumlah komunitas masyarakat di Tasikmalaya yang ikut serta berpartisipasi dalam momen ini antara lain Penggemar Photografi Tasikmalaya (PFT), Komunitas Photografi Amatir Tasikmalaya (KoFAT), Tasikmalaya Drone Community (TDC), Komunitas Cosplay Tasikmalaya, serta komunitas otomotif yang akan ikut serta dalam konvoi kendaraan, antara lain dari Komunitas Yamaha R25 Owners Indonesia (YROI PRIANGAN TIMUR), Komunitas Datsun Go Club Indonesia (DGCI), Komunitas Vespa (MOVE), Komunitas CBR Club Indonesia Region Tasikmalaya, dan Komunitas Blazer Indonesia Club Rayon Tasikmalaya (BAYONET).

Dalam ekspedisi ini dua buah drone berukuran besar dengan bentangan sayap hingga 2,5 m akan diterbangkan secara bersamaan, menempuh Jalur Barat (Elang Barat) dan Jalur Timur (Elang Timur) Indonesia sepanjang 8.500 km. Selama program, kedua drone akan merekam video yang kemudian diunggah melalui jaringan terbaik Telkomsel ke www.telkomsel.com/elangnusa, sehingga masyarakat dapat mengikuti perjalanan secara lengkap, baik melalui live streaming maupun recorded.

Elang Barat akan memulai perjalanan dari Sabang dan akan menempuh beberapa kota diantaranya Medan, Palembang, Tasikmalaya, Yogyakarta dan Malang. Sementara Elang Timur, akan berangkat dari Merauke dan bergerak melewati Sorong, Ambon, Manado, Banjarmasin, Makassar, dan Labuan Bajo. Di akhir perjalanan kedua drone akan bertemu dan mendarat di Garuda Wisnu Kencana, Bali. Selain menangkap berbagai keindahan dari alam Indonesia, dalam perjalanannya, Elang Barat dan Elang Timur juga akan menyapa masyarakat yang berada di kota-kota yang dilewati.

“Berkat kehadiran mobile broadband, saat ini masyarakat Indonesia pun semakin terhubung satu sama lain. Kehadiran layanan broadband dari Telkomsel yang berkualitas di berbagai daerah seperti di Tasikmalaya ini kami harap juga akan mendorong produktivitas masyarakat di berbagai aspek seperti dari sisi ekonomi, pariwisata, industri kreatif, dan lainnya,” pungkas Agus.