cloudArenaLTE.com – Berbekal pengalaman bertahun-tahun bergelut di dunia teknologi informasi, M. Iqbhal Muthalib (38), memberanikan diri mendirikan startup yang bergerak di bidang cloud computing. Didirikan pada Mei 2015 silam, perusahaan yang diberi nama DomestiCloud tersebut kini sudah memiliki sejumlah klien dan sekarang semakin fokus menyasar UKM (Usaha Kecil Menengah).

“Nilai investasi yang sudah dikeluarkan mencapai 1 M untuk persiapan startup ini. Sekarang, kami sedang mencari para pengusaha lainnya yang ingin bergabung untuk membangun Cloud Computing untuk kemajuan bisnis mereka,” ujar Iqbhal.

Menurutnya, kebutuhan teknologi informasi (IT) sudah menjadi hal yang tidak dapat terpisahkan dengan apapun bisnis yang dijalankannya. Namun mayoritas para pengusaha awal harus dihadapkan pada segelintir tantangan, mulai dari besarnya modal, biaya operasional, ruang kantor, hingga kebutuhan akan hardware dan Software.  

“Dengan kemajuan teknologi, komputasi awan dapat membantu setiap perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan maju tanpa harus mengeluarkan banyak dana, sumber daya dan memikirkan untuk kepentingan IT,” kata pria yang pernah mengenyam kuliah di Queensland, Australia tersebut.

Ia menuturkan DomestiCloud yang bergerak di bidang CSP (Cloud Service Provider) hadir untuk bantu mengembangkan bisnis para pengusaha. Keunikan yang dibawa DomestiCloud adalah kemampuannya menyuguhkan layanan komputasi awan yang terjangkau bagi perusahaan-perusahaan yang ingin berkembang namun memiliki keterbatasan dana.

DomestiCloud-iqbhal
Iqbhal Muthalib, CEO DomestiCloud

Saat ini perusahaannya memposisikan dirinya sebagai Perusahaan Komputasi awan (CSP) yang memfokuskan diri untuk membantu para UKM, bisnis kecil sampai menengah. Apabila dibandingkan dengan pesaing yang telah lebih dulu hadir dan ternama di Indonesia, DomestiCloud lebih bermain pada aplikasi awan (Software) awan yang murah, mudah dan terjangkau bagi para penggunanya.

“Salah satu tujuannya dibuat perusahaan ini untuk membantu kalangan menengah kebawah dari segi infrastruktur IT yang terbilang mahal, sekaligus karena kebutuhan IT sangat diperlukan di setiap usaha. Maka darinya, dengan keberadaan usaha DomestiCloud bisa memberikan solusi yang murah, cepat, mudah, tidak membuang-buang waktu,” tambah bapak dua anak tersebut.

DomestiCloud, ingin menyasar target utama pengusaha UKM (Small medium business) yang memiliki skala karyawan berjumlah antara 50 hingga 70 orang. Meski begitu, tetap menawarkan solusi dengan berbagai ragam, terutama di Software as a Service atau aplikasi diatas awan. DomestiCloud juga memiliki solusi Infrastruktur dan Software Aplications untuk berbagai Industri dari manufacturing atau pabrik, Health Care, Banking and Insurance, serta Education seperti di sekolah-sekolah atau universitas di berbagai wilayan di Indonesia.

Di samping CSP, startup ini juga melayani IT System Integrator dan Professional Services, seperti penyediaan berbagai perangkat IT (hardware dan software), instalasi perangkat-perangkat IT, implementasi, konfigurasi, maintenance, Aplikasi Developer, atau software hingga IT consultant. Salah satu bentuk model servis cloud yang bisa ditangani oleh DomestiCloud, diantaranya Office on Cloud, Infrastructure as-a-service (IaaS), Platform as a Service (PaaS) sampai dengan Software as-a-service (Saas) dan masih banyak lagi.