ArenaLTE.com – Lagi-lagi sebuah teknologi baru ditemukan untuk mempermudah dalam melakukan identifikasi dan mengenali produk elektronik khususnya laptop dan smartphone. Teknologi baru ini akan akan mempercepat peroses identifikasi produk yang mmapu memancarkan gelombang eketromagnetik. Dan yang menarik adalah teknologi bernama Disney Scanner ini dipelopori oleh perusahaan yang identik dengan industri hiburan Disney.

Nama Disney memang begitu lekat dalam urusan yang serba hiburan, tapi dibalik keceriaan yang ditawarkan, Disneyland yang berbasis di Amerika Serikat ternyata punya tim Litbang (Penelitian dan Pengembangan) yang cukup kreatif. Seperti belum lama ini disebutkan tim Litbang Disney berhasil merilis teknologi yang disebut Disney Scanner.

Apa itu Disney Scanner? Kali ini perangkat yang dibesut tak ada kaitan langsung dengan hiburan. Seperti dikutip dari Ubergizmo, Disney Scanner adalah alat pemindai yang dapat mengidentifikasi jenis dan spesifikasi dari suatu atau beberapa perangkat elektronik. Caranya Disney Scanner bekerja dengan membaca dan mengolah medan elektrokmagnetik yang berasal dari perangkat-perangkat yang dipindai tersebut.

disney scannerDalam simulasi, perangkat seperti laptop, smartphone dan tablet dari vendor yang sama diletakkan di suatu meja secara bersebelahan. Dan Disney Scanner dapat menampilkan informasi spesifikasi dari macam-macam device tersebut. Tentu dalam pengujian, tanda-tanda atau lebel terkait produk sudah dicopot.

Tim Litbang Disney menyebut bahwa scanner canggih ini dapat memindai beberapa perangkat yang ditempatkan secara bertumpuk. Lebih lanjut dipaparkan 40 perangakt elektronik dapat dipindai, dari hasil evaluasi diketahui 30 perangkat dapat diidentifikasi dengan sempurna. Secara keseluruhan performa deteksi bisa mencapai diatas 90 persen.

Hasil terobosan Litbang Disney memang masih butuh penyempurnaan, sebut saja masih ada perangkat yang tidak berbasik dipindai, salah satunya adalah iPhone. Disebut-sebut iPhone mempunyai distribusi frekuensi elektromagnetik yang tumpang tindih dengan model lainnya.

Dalam pengembangan kedepan, Disney Scanner dapat digunakan untuk membantu proses manajemen aset, seperti melacak persediaan dan logitik. Penggunaan metode pemindai berupa medan elektromagnetik dipercaya akan lebih murah ketimbang bergantung pada RFID (Radio Frequency Identification) tag. Bagi perusahaan dapat melacak ketersediaan barang tanpa harus membuka isi dus atau paketnya.